Punya Ratusan Pesantren Tapi Belum Ada Perda, Ini Inisiatif DPRD KBB

Adi Haryanto ยท Jumat, 10 Desember 2021 - 16:31:00 WIB
Punya Ratusan Pesantren Tapi Belum Ada Perda, Ini Inisiatif DPRD KBB
Ratusan pondok pesantren di KBB segera akan mendapat payung hukum melalui perda yang saat ini sedang dibahas di DPRD.(Foto: Agus Ismanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah memproses beberapa Raperda untuk dilanjutkan pada pembahasan di pansus DPRD. Salah satunya adalah Raperda tentang Pesantren sebagai regulasi bagi pesantren.

"Kami ingin Perda Pesantren bisa segera terealisasi agar menjadi acuan pemerintah daerah dalam memperhatikan pesantren baik yang memiliki sekolah formal ataupun tidak," kata Wakil Ketua Bapemperda, anggota Pansus tentang Pesantren, Iman Budiman, Jumat (10/12/2021).

Iman menjelaskan, Raperda tersebut merupakan inisiatif dari DPRD sebagai bentuk menunjukan kepedulian dan keberpihakan wakil rakyat pada kemajuan  pesantren khususnya di KBB. Pesantren ke depan harus maju serta memiliki sarana dan prasarana yang layak.

Apalagi di KBB jumlah pesantren cukup banyak dan menjadi salah satu daerah dengan jumlah santri terbanyak. Sudah selayaknya pemerintah daerah memberikan perhatian lebih agar pesantren ke depan mampu bersaing dan semakin diminati oleh masyarakat. 

Dikatakannya, pada pembahasan nanti Pansus DPRD tentang Pesantren ini akan melibatkan dan mengundang tokoh-tokoh. Seperti ormas Islam, Forum Pondok Pesantren, dan MUI, untuk dimintai pendapat dan masukan apa-apa saja yang harus terakomodasi di dalam raperda tersebut. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: