Puncak Arus Mudik Idul Adha, Tol Cileunyi Macet Panjang

Toiskandar, Mujib Prayitno ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 01:00 WIB
Puncak Arus Mudik Idul Adha, Tol Cileunyi Macet Panjang
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Tol Cileunyi, Bandung pada puncak arus mudik Idul Adha, Kamis (30/7/2020) malam. (Foto: iNews/Mujib Prayitno)

BANDUNG, iNews.id - Kemacetan panjang arus mudik Idul Adha 1441 Hijriah terjadi di ruas Jalan Tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020) malam. Kepadatan kendaraan juga terlihat di jalur selatan Nagreg maupun jalur tengah Sumedang.

Pantauan iNews, kemacetan di ruas Tol Cileunyi mencapai lebih dari 5 km. Petugas pun memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan di dalam tol.

Kemacetan panjang arus mudik kendaraan yang hendak menuju jalur selatan Nagreg maupun jalur tengah Sumedang ini mulai terlihat di ruas Tol Cileunyi.

Ribuan kendaraan yang didominasi mobil pribadi tampak tak bias bergerak. Selepas gerbang tol, arus lalu lintas kembali tersendat karena adanya penyempitan jalur.

Petugas memberlakukan sistem buka tutup dengan mengutamakan terlebih dahulu arus kendaraan dari dalam tol agar kemacetan dapat terurai.

Sebelumnya, kepadatan kendaraan terpantau di jalur Pantura Cirebon memasuki puncak arus balik Hari Raya Idul Adha, Kamis (30/7/2020) malam. Kepaatan terjadi di persimpangan lampu merah seperti di Palimanan dan Plered Cirebon. Sejumah petugas kepolisian disiagakan di sejumlah titik rawan kemacetan.

Iring-iringan ribuan kendaraan yang didominasi oleh pengendara motor ini hanya dapat melaju maksimal 30 kilometer per jam, bahkan kepadatan ribuan kendaraan motor ini terjadi dari persimpangan Palimanan.

Pada puncak arus murik ini, volume kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah meningkat drastis. Untuk mengurai kepadatan, petugas kepolisian pun disiagakan di tempat kemacetan seperti di Ramayana Weru, Plered dan persimpangan Palimanan.

Sebagian besar pemudik mengaku, liburan Idul Adha kali ini dimanfaatkan untuk merayakan berkurban di kampung halaman mereka masing-masing. Sebab, pada liburan Idul Fitri lalu dilarang oleh pemerintah.

Hingga Kamis malam ini, arus lalu lintas di ruas jalur pantura masih padat merayap. Diperkirakan, volume kendaraan di jalur arteri ini masih akan terus meningkat hingga Jumat (31/7/2020) dini hari nanti. Pemudik diimbau agar selalu waspada saat melintasi di jalur Pantura Cirebon mengingat mudik pada malam minim penerangan dan jalanan yang berlubang.


Editor : Kastolani Marzuki