PSBB Proporsional di Bandung, Starbucks Pastikan Tak Langgar Aturan Operasional

Faieq Hidayat ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 16:46 WIB
PSBB Proporsional di Bandung, Starbucks Pastikan Tak Langgar Aturan Operasional
Starbucks. (Foto: AFP)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan agar pusat perbelanjaan tidak sampai melanggar aturan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional. Bagi pengelola dan tenant-tenant yang melanggar, akan dikenakan sanksi administratif.

Merespons hal tersebut, Senior General Manager, Corporate PR and Communications, PT Sari Coffee Indonesia Andrea Siahaan mengatakan, Starbucks tidak pernah melanggar aturan operasional selama PSBB proposional di Bandung. Gerai-gerai yang ada di mal Kota Bandung mematuhi jam operasional, termasuk di Miko Mall Kopo Bandung.

"Kami pastikan bahwa gerai Starbucks yang berada di Miko Mall Kopo Bandung tidak pernah melakukan pelanggaran jam operasional selama PSBB proposional di Bandung diperpanjang ataupun mendapati pembubaran pengunjung oleh tim Satpol PP Bandung," kata Andrea dalam keterangannya kepada iNews.id, Kamis (25/6/2020).

Pernyataan ini sekaligus klarifikasi atas pernyataan Satpol PP Kota Bandung yang sebelumnya menyebutkan menemukan pelanggaran aturan PSBB di kawasan Miko Mall yang berada di Jalan Raya Kopo, Kota Bandung. Di kompleks pusat perbelanjaan itu, petugas mendapati pelanggaran dilakukan oleh pengelola satu kafe.

"Bukan mal-nya, tapi di kafe Starbucks. Kita juga berhentikan, bubarkan pengunjungnya, dan diberhentikan jam operasionalnya. Itu sanksi administrasi," kata Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi seperti dikutip Antara, Senin (22/6/2020).

Andrea mengatakan, tidak ada pembubaran pengunjung Starbucks. Gerai kopi itu juga tidak mendapat kunjungan dari instansi mana pun, baik dari Gugus Covid-19, pemda maupun Satpol PP Kota Bandung.

"Tidak ada tindakan pembubaran yang dilakukan anggota Satpol PP Kota Bandung terhadap pengunjung Starbucks," kata katanya.

Andrea menegaskan, tenant Starbucks tidak pernah melanggar aturan operasional selama PSBB proposional di Bandung. Hingga saat ini pihaknya juga tidak menerima surat teguran atau sanksi administrasi dari Pemda Bandung.

"Hingga saat ini, kami pun tidak menerima surat teguran ataupun menerima sanksi administrasi," ucapnya.


Editor : Faieq Hidayat