Presiden Jokowi Sidak Pelayanan BPJS di RSUD Subang, Pengunjung dan Pasien Riuh

Yudy Heryawan Juanda ยท Jumat, 29 November 2019 - 13:11 WIB
Presiden Jokowi Sidak Pelayanan BPJS di RSUD Subang, Pengunjung dan Pasien Riuh
Presiden Jokowi saat memegang Kartu Indonesia Sehat milik seorang pasien dalam kunjungannya di RSUD Subang. (Foto: iNews/Yuddy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019) pagi. Kedatangan Presiden membuat suasana rumah sakit riuh lantaran pengunjung maupun pasien terkejut dan antusias.

Pantauan iNews, Presiden Jokowi mengenakan pakaian putih datang meninjau RSUD dengan didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Direktur RSUD Subang drg Ahmad Sopyan dan Wakil Direktur Pelayanan RSUD Subang dr Ahmad Nasuhi pukul 09.15 WIB.

Selama sidak, pasien hingga pengunjung mengerumuni rombongan Presiden. Beberapa bahkan meminta untuk berswafoto, termasuk pasien yang sedang menjalani perawatan.

BACA JUGA: Jokowi Ajak 2 Stafsus Milenial Tinjau Patimban, Salah Satunya Putri Tanjung

Rombongan kemudian mendatangi salah satu ruang instalasi perawatan kelas III. Di ruang perawatan, Jokowi berbincang dengan pasien.

Presiden mengatakan, hampir 90 persen pasien yang dirawat di RSUD sudah memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat. Di mana sekitar 70 persen melalui PBI yang gratis dari pemerintah, sedangkan 20 persen bayar.

“Sama seperti yang di Lampung. Angkanya hampir sama. Artinya memang masyarakat memanfaatkan kartu BPJS untuk pelayanan kesehatan," kata Presiden, Jumat (29/11/2019).

Setelah melakukan inspeksi selama sekitar 40 menit, Presiden meninggalkan rumah sakit pukul 09.55 WIB. Presiden kemudian langsung bertolak menuju Pelabuhan Patimban. Sidak ini merupakan inisiatif langsung Presiden Jokowi untuk melihat langsung pelayanan pasien BPJS di RS.


Editor : Donald Karouw