Polisi Tangkap Kurir Jaringan Internasional, Sita 12,2 Kilogram Sabu-Sabu di Bandung

Mujib Prayitno ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:36 WIB
Polisi Tangkap Kurir Jaringan Internasional, Sita 12,2 Kilogram Sabu-Sabu di Bandung
Konferensi pers terkait penangkapan kurir narkoba jenis sabu di Mapolda Bandung, Rabu (23/10/2019). (Foto: iNews.id/Mujib Prayitno)

BANDUNG, iNews.id – Bea Cukai Bandar Udara Husein Sastra Nagara dan Satnarkoba Polrestabes Bandung, Jawa Barat (Jabar) berhasil menggagalkan pengiriman 12,2 kilogram sabu-sabu yang disembunyikan dalam koper. Pelaku yang diamankan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung mengaku mendapat perintah pengiriman dari sindikat narkoba Nigeria.

MT (23) warga Depok, Jawa Barat ditangkap karena kedapatan membawa delapan bungkus sabu-sabu yang dibungkus plastik berlakban cokelat, Sabtu (12/10/2019). Saat melakukan penyelidikan, polisi juga menangkap sasudaranya, perempuan berinisial IA (40) di salah satu hotel di Jakarta, Minggu (13/10/2019) dan H di Depok, Senin (14/10/2019).

Ketiga tersangka mengaku, sabu-sabu tersebut berasal dari Stanley, warga negara Nigeria. Stanley kini sudah masuk daftar pencarian orang (DPO). Mereka diberi upah Rp14 juta jika berhasil.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan pelaku mengakui semua perbuatannya. “Ini tersambung dengan jaringan internasional dan Stanley sudah jadi DPO Mabes Polri dan BNN,” kata Rudy saat konferensi pers di Mapolda Jawa Barat, Rabu (23/10/2019).

BACA JUGA: Penyelundupan 36,5 Kg Sabu Digagalkan, 7 Pengedar Jaringan Malaysia Ditangkap

Dari hasil pengembangan kasus, Rudy mengatakan jaringan narkoba ini merupakan jaringan internasional dari Manila. Dia mengaku sudah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menangkap Stanley.

Sementara Kakanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Jawa Barat, Saipullah Nasution mengatakan awal mula penangkapan pelaku berasal dari analisa intelijen yang didapatkan. Berdasarkan data tersebut, pihaknya menggunakan Passager Name Risk Management.

BACA JUGA: Penangkapan Oknum Wartawan Bawa 12 Kg Sabu dan 10.000 Butir Ekstasi

“Dari data penerbangan pelaku, kami curigai membawa sesuatu,” katanya.

Barang-barang pelaku lalu diperiksa menggunakan X-Ray. Hasilnya, dari warna yang muncul ada indikasi merupakan narkoba. Pelaku lalu diperiksa dan barang tersebut dibuka di hadapan petugas.

Setelah dibuka, barang tersebut dites menggunakan narkotest dan hasilnya positif sabu-sabu. Pelaku lalu diserahkan kepada polisi untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.


Editor : Umaya Khusniah