Polisi Imbau Warga Tak Rayakan Tahun Baru di Jembatan Pasopati Bandung

Yogi Pasha ยท Kamis, 27 Desember 2018 - 15:13 WIB
Polisi Imbau Warga Tak Rayakan Tahun Baru di Jembatan Pasopati Bandung
Jembatan Pasopati di Bandung ketika malam tahun baru. (Foto: Istimewa/Flickr).

BANDUNG, iNews.id - Sedikitnya 1.217 personel kepolisian dari Polrestabes Bandung, Jawa Barat (Jabar) siap mengamankan malam pergantian tahun pada Senin (31/12/2018). Petugas juga akan mendapatkan bantuan dari tim gabungan dari prajurit TNI, anggota Satpol PP, dinas perhubungan (Dishub) dan instansi terkait lainnya.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza, tim gabungan ini akan mengamankan sejumlah titik di Kota Bandung pada saat malam Tahun Baru 2019. Kemudian, ada dua lokasi yang dinilai menjadi pusat keramaian warga, yakni di Jalan Asia Afrika (alun-alun) dan Jalan Ir H Djuanda (Dago).

"Seperti tahun sebelumnya, dua kawasan ini selalu jadi titik kumpul warga. Selain itu, kami juga bakal mengawasi Jembatan Pasopati," kata Reza di Kota Bandung, Jabar, Kamis(27/12/2018).

Dia mengungkapkan, kawasan yang di nilai menjadi titik kumpul masyarakat itu akan mendapatkan pengamanan ekstra dengan menurunkan jumlah personel lebih besar. Selain menjaga keamanan, petugas juga akan mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kepadatan kendaraan.

"Kami akan gelar personel. Kami upayakan tidak ada kegiatan masyarakat yang menggunakan badan jalan, sehingga arus lalu lintas tetap berjalan," ujar dia.

Terkait Jembatan Pasopati dan Pelangi, petugas juga akan memberikan perlakuan khusus. Sebab, kata Reza, dua titik ini kerap dijadikan tempat berkumpul masyarakat pada puncak pergantian malam tahun baru.

Menurut dia, penjagaan jembatan Pasopati dan Pelangi akan diberlakukan pagar betis. Karena, penumpukan warga dan kendaraan di atas jembatan dalam waktu yang bersamaan dikhawatirkan justru menimbulkan bahaya.

"Kami Imbauan pada masyarakat agar tidak berdiam di flyover berbahaya. Kami akan jaga dengan pagar betis untuk menghalau masyarakat sampai pergantian tahun. Karena dari tahun sebelumnya banyak masyarakat sengaja berhenti dan diam di flyover Pasopati dan Pelangi," kata dia.

Jembatan ini fungsinya untuk perlintasan kendaraan, di mana beban tonasenya sudah dibatasi. Kalau masyarakat berdiam diri di atas jembatan, maka akan terjadi kelebihan muatan. Kondisi ini tentu bisa berbahaya bagi keselamatan mereka.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal