Polda Jabar Pecat 16 Polisi akibat Langgar Kode Etik

Sindonews.com ยท Senin, 03 Februari 2020 - 17:59 WIB
Polda Jabar Pecat 16 Polisi akibat Langgar Kode Etik
Ilustrasi (dok. iNews)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 16 anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang bertugas di jajaran Polda Jabar, diberhentikan tidak dengan hormat alias dipecat. Pasalnya, ke-16 polisi itu terbukti melanggar kode etik profesi Polri dan melakukan tindak pidana.

Upacara pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias pecatan berlangsung di lapangan upacara Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (3/2/2020).

Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus mewakili Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memimpin upacara pemecatan tersebut. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Jabar dan seluruh personel Mapolda Jabar.

Namun, upacara itu tidak dihadiri oleh 16 polisi yang terkena sanski pemecatan. Untuk itu, petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jabar hanya membawa foto-foto ke-16 anggota tersebut.

Wakapolda mengatakan, PTDH terhadap 16 anggota tersebut dilakukan sesuai Keputusan Kapolda Jabar Nomor: Kep/19/I/2020 tanggal 16 Januari 2020.

Mereka yang diberhentikan, kata Akhmad Wiyagus, lima orang terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika, satu melakukan tindak pidana penipuan, satu tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas), dan 9 orang melanggar disiplin serta kode etik Polri.

"Keputusan ini tentu merupakan hal berat. Namun kita tidak boleh ragu. Institusi Polri akan terus berupaya membangun kepercayaan masyarakat dan bertugas secara profesional, transparan, dan akuntabel. Dengan demikian, peristiwa ini hendaknya dapat dijadikan bahan introspeksi dan evaluasi bagi seluruh anggota jajaran Polda Jabar," kata Wiyagus membacakan amanat Kapolda Jabar.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq