PJU Sepanjang Jalan Raya Cigasong-Kadipaten Majalengka Dipadamkan, Ada Apa?

Inin nastain ยท Senin, 19 Juli 2021 - 13:19:00 WIB
PJU Sepanjang Jalan Raya Cigasong-Kadipaten Majalengka Dipadamkan, Ada Apa?
Suasana Majalengka kota tanpa Penerangan Jalan Umum (PJU) gelap gulita. Pemadaman sengaja dilakukan untuk menekan mobilitas warga saat PPKM Darurat. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas Jalan Raya Cigasong-Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mendadak dipadamkan sepanjang 12 kilometer. Pemadaman tersebut dilakukan sejak Jumat (16/7/2021) pekan kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Majalengka Eddy Noor mengatakan, selain PJU di Jalan Raya, pemadaman juga dilakukan di titik ruang publik, seperti taman. Pemadaman itu dilakukan untuk meminimalisasi mobilitas warga seiring dengan pemberlakukan PPKM Darurat.

“Iya benar dipadamkan. Pemadaman PJU sebagai salah satu usaha untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Karena berdasarkan anev secara berjenjang, mobilitas masyarakat Majalengka tinggi,” kata Edy, Senin (19/7/2021).

Terkait kebijakan itu, jelas Edy, atas nama tim Satgas, pihaknya minta maaf jika pemadaman PJU tersbeut menggangu. Dia memastikan pemadaman itu hanya sementara dan akan segera kembali dinyalakan ketika kondisinya sudah lebih membaik.

“Kepada masyarakat, Satgas Covid-19 memohon maaf atas ketidak nyamanannya terkait hal tersebut (pemadaman PJU). Ini adalah usaha kita agar situasi bisa segera pulih kembali,” ujar dia.

Terpisah, Kabid Kabid Trantibum Satpol PP dan Damkar Majalengka Sutaryo mengatakan, kebijakan pemadaman JPU itu hasil koordinasi di internal Satgas Covid-19. Ditegaskannya, selama ini jalur Cigasong-Kadipaten itu jadi titik yang paling ramai aktivitas di Kabupaten Majalengka.

“Dari Bunderan Cigasong sampai Kadipaten setiap malam PJU dipadamkan sejak Malam Sabtu kemarin. Itu sekitar 12 kilometer,” kata dia.

Sejak diberlakukan pada akhir pekan lalu, jelas dia, mobilitas di ruas jalan itu relatif berkurang. Kebijakan pemadaman PJU sendiri, jelas dia, akan berlansgung sampai masa PPKM Darurat berakhir.

“Ada penurunan mobilitas. Sengaja pemberlakuan pemadaman PJU di jalur itu, karena di sana kan daerah yang paling ramai. Ada beberapa taman juga,” ucap dia.

Editor : Asep Supiandi