Peringati May Day, Buruh Unjuk Rasa dan Blokir Jalan Pantura Cirebon

Toiskandar ยท Rabu, 01 Mei 2019 - 16:04:00 WIB
Peringati May Day, Buruh Unjuk Rasa dan Blokir Jalan Pantura Cirebon
Suasana aksi demo buruh saat peringatan May Day di Kantor UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon, Jawa Barat. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cirebon Raya, menggelar peringatan Hari Buruh atau May Day dengan berunjuk rasa. Mereka mendatangi Kantor UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon yang terletak di Jalan Pantura, Kecamatan Kedawung, Rabu (1/5/2019).

Pantauan iNews, massa yang menggunakan kendaraan bermotor memarkir di di jalan dekat kantor tersebut hingga nyaris memblokir seluruh badan jalan. Selanjutnya mereka berorasi di tengah jalan hingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat dan mengalami kemacetan cukup parah.

Dalam aksi tersebut, massa buruh menuntut berbagai isu nasional dan daerah tentang kelayakan pengupahan. Mereka menilai kondisi perburuhan dan ketenagakerjaan di wilayah III Cirebon, khususnya kabupaten dan kota masih di bawah normal.

“Kami menilai ada ketidakberesan. Jika kami diam, maka masyarakat tahunya kondisi ketenagakerjaan adem ayem saja. Sebaliknya kami bergerak karena fakta kondisi perburuhan di lapangan itu sangat memprihatinkan, khususnya menyangkut hak normatif yang telah diatur Undang-Undang,” ujar Sekjen FSPMI Cirebon Raya Machbub, Rabu (1/5/2019).

Dia mengungkapkan, buruh menyuarakan salah satu tuntutannya yakni menolak upah murah dengan bentuk pencabutan PP Nomor 78 Tahun 2015. Peraturan tersebut tidak melibatkan buruh dalam pengambilan kebijakan terkait pengupahan. Selain itu, banyak dari perusahaan yang masih memberikan upah di bawah UMK.

“Masih ada perusahan yang membayar gaji di bawah UMK. Bahkan ada buruh yang hanya dibayar Rp30.000 untuk bekerjan hingga jam 10 malam,” katanya.

Dalam aksi buruh tersebut, arus lalu lintas dari arah Jawa menuju Jakarta maupun sebaliknya mengalami kemacetan yang cukup panjang. Polisi di lokasi selain berjaga mengamankan jalannya aksi juga memastikan kelancaran arus lalu lintas tersebut.


Editor : Donald Karouw