Peringatan Satu Abad ITB, Jokowi Minta Terus Berkontribusi bagi Bangsa

Sindonews, Arif Budianto ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 14:02 WIB
 Peringatan Satu Abad ITB, Jokowi Minta Terus Berkontribusi bagi Bangsa
Presiden Jokowi saat menyampaikan amanat dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Rabu (1/7/2020). (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat pada hari ini Jumat (3/7/2020). Jokowi meminta seluruh civitas akademika ITB terus berkarya dan memberi kontribusi nyata bagi bangsa.

"Saya mengajak seluruh civitas ITB untuk terus memberi kontribusi kepada bangsa dan negara. Memberikan inovasi nyata bagi rakyat Indonesia," kata Joko Widodo saat menyampaikan orasi ilmiah daring pada 100 Tahun ITB, Jumat (3/7/2020).

Menurut dia, kontribusi ITB ditunggu oleh seluruh anak bangsa. Kedepan, ITB harus mampu menunjukkan prestasi akademik dan penelitiannya. Buktikan ITB berkontribusi untuk rakyat dan kemajuan bangsa.

Menurut dia, selama ini ITB telah menghasilkan tokoh bangsa yang namanya dikenal luas, baik di Indonesia atau masyarakat internasional. Seperti Soekarno, BJ Habibie, dan tokoh lainnya.

Diketahui, tepat pada 3 Juli 2020, Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI) genap berusia 100 tahun. Sejarah panjang berdirinya kampus ini, berawal dari didirikannya Technische Hogeschool (1920) sampai diresmikan dengan nama Institut Teknologi Bandung (1959) oleh Presiden Ir. Soekarno, menjadi catatan sejarah lahirnya PTTI.

Peringatan 100 tahun ITB dan PTTI mengusung tema besar yaitu Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan. Peringatan dilakukan dengan menggelar Sidang Terbuka Peringatan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia. Selain itu pada rangkaian Peringatan Peringatan 100 ITB dan Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia diadakan peresmian tile naming.

Program ini mencanangkan program Satu Abad Satu Triliun (1A1T) untuk Dana Lestari ITB yang dikelola oleh BPUDL ITB. Didukung Salam Ganesha, yaitu gabungan alumni muda yang berdedikasi untuk melaksanakan kampanye, sosialisasi penggalangan dana dilakukan dengan cara kreatif. Yaitu menggunakan platform digital dan memanfaatkan media sosial untuk mengajak para philanthropy berkontribusi dalam pengembangan ITB.

Selama periode Januari hingga Maret 2020, telah terhimpun komitmen dana dari beberapa alumni sebesar Rp9,51 miliar dari 59 donatur. Sebagai bentuk penghargaan bagi para donatur,

ITB bersama Salam Ganesha menggagas kegiatan pemasangan tile naming di fasilitas bersama kampus dengan mencantumkan nama-nama donatur tertentu di area Rotunda ITB.


Editor : Faieq Hidayat