Penemuan Kerangka Manusia dan Benda Bersejarah Hebohkan Warga Cileungsi Bogor

Cahyat Supriatna ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 11:31 WIB
Penemuan Kerangka Manusia dan Benda Bersejarah Hebohkan Warga Cileungsi Bogor
Penemuan kerangka manusia dan sejumlah benda di lahan rumah warga di Desa Cileungsi, Kabupaten Bogor. (Foto kolase: iNews/Cahyat)

BOGOR, iNews.id - Penemuan kerangka manusia dan benda-benda bersejarah di kampung Cigorowong, Desa Cileungsi, Kabupaten Bogor, menghebohkan warga. Benda-benda itu ditemukan di kedalaman tanah di lahan rumah seorang warga.

Penemuan berawal saat salah satu warga, Raffi Al-Muniri, yang hendak membuat septic tank menggali tanah di belakang rumahnya. Di kedalaman 2,5 meter cangkulnya menyentuh tulang belulang.

Awalnya warga menduga tulang itu dari binatang. Saat digali kembali ditemukan koin logam, tusuk konde, cincin, dan cermin.

"Pertama ditemukan itu tengkorak. Ada tusuk konde yang menancap di bagian atasnya bersama beberapa besi. Kemudian cincin dalam posisi masih terpasang di tulang jari tangan," kata Raffi, Jumat (29/5/2020).

Beberapa benda temuan diamankan dalam keadaan hancur seperti tengkorak, sejumlah keping koin, dan cermin.

"Cincin awalnya utuh saat dibersihkan belah. Koin juga sebenarnya ada banyak, tapi pada hancur sisa 4 keping yang utuh," ujar Raffi.

Raffi menduga kerangka manusia tersebut berumur ratusan tahun. Lantaran saat membersihkan koin dengan air keras, ia menemukan tulisan angka 1815.

Kabar penemuan kerangka manusia tersebut sempat viral di jagat maya. Ketua RW setempat pun melaporkan penemuan tersebut ke pemangku jabatan di tingkat desa, yang akan dilanjutkan ke instansi terkait.

"Semalam itu langsung viral. Makanya saya datang untuk melihat sendiri kebenarannya. Saya laporkan hal ini ke pimpinan Desa Cileungsi," kata ketua RW setempat, Fahrul Zulkarnain.


Editor : Rangga Permana