Penambang Tertimbun Pasir di Cianjur Belum Ditemukan Hingga Hari ke-4 Pencarian

Mochamad Andi Ichsyan ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 13:12:00 WIB
Penambang Tertimbun Pasir di Cianjur Belum Ditemukan Hingga Hari ke-4 Pencarian
Petugas gabungan mengoperasikan perahu karet untuk menemukan penambang pasir yang tertimbun material di CIanjur, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019). (Foto: iNews/Mochamad ANdi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id – Petugas gabungan melanjutkan pencarian seorang penambang pasir yang tertimbun longsor material di Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019). Memasuki hari keempat petugas belum menemukan keberadaan korban.

Petugas gabungan dari Basarnas Bandung, BPBD Cianjur, Polairud Polres Cianjur hingga PMI hari ini mengoperasikan satu alat penyedot air yang menggenangi tambang pasir ilegal itu. Mereka juga mengoperasikan satu unit perahu karet untuk menyusuri dasar lubang galian mencari keberadaan korban yang bernama Saeful (40). Namun belum juga memberikan hasil.

Komandan Tim Basarnas Bandung, Yudhi Eka menjelaskan kemungkinan jasad korban yang merupakan operator alat berat tertimbun sesuatu di dasar lubang. “Karena biasanya di hari kedua atau ketiga jasadnya akan ke permukaan. Kalau sampai sekarang belum, berarti tertimbun sesuatu, bisa material lumpur atau lainnya, kami belum bisa pastikan,” ujar Yudhi Eka.

Pada 2 Desember 2019 lalu terjadi longsoran material setinggi 20 meter di lubang galian tambang pasir yang dikelola PT Triadi tersebut. Sebelum kejadian ada lima orang yang bekerja di salah satu sisi tanggul penahan lubang galian. Tiba-tiba tanggul tersebut longsor. Empat orang berhasil menghindar sementara Saeful yang merupakan operator mesin pengatur gas mesin piton terseret dan tertimbun material.

Yudhi mengatakan pihaknya masih fokus memompa air keluar lubang galian. Rencananya bantuan satu perahu karet akan didatangkan.

“Kami masih fokus untuk memompa air keluar lubang.Karena kendala utama adalah banyaknya air di sana dan material lumpur yang membuat air keruh. Besok akan didatangkan lagi satu perahu karet sebagai bantuan,” ucapnya.


Editor : Rizal Bomantama