Pemuda yang Tenggelam akibat Perahu Terbalik di Waduk Cirata Ditemukan Tewas

Adi Haryanto ยท Minggu, 27 September 2020 - 08:11 WIB
Pemuda yang Tenggelam akibat Perahu Terbalik di Waduk Cirata Ditemukan Tewas
Ilsutrasi korban tenggelam. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Setelah melakukan pencarian selama sehari, korban perahu tongkang yang terbalik dan tenggelam di perairan Waduk Cirata, Kabupaten Bandung Barat (KBB), akhirnya ditemukan pada Jumat (25/9/2020) malam. Saat ditemukan korban yang bernama Andrian Akbar (16) sudah tewas.

Petugas gabungan menemukan korban di lokasi yang tidak jauh dari kejadian saat korban tenggelam dan hilang.

"Korban atas nama Andrian Akbar (sebelumnya ditulis Indra) berhasil ditemukan petugas gabungan yang berjumlah 30 orang dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, dan warga pada Jumat malam sekitar pukul 22.15 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo didampingi petugas lapangan Ceceng Sukandi, Sabtu (26/9/2020).

Menurutnya, pencarian dilakukan sejak pagi dan sempat rehat menjelang petang. Kondisi cuaca yang cukup mendukung membuat pencarian kembali dilakukan pada malam hari. Upaya tersebut akhirnya berhasil setelah tim pencari menemukan tubuh korban.

Sebenarnya, kata dia area pencarian sudah diperluas, namun tetap berpusat di titik saat tongkang tenggelam di kawasan sekitar dermaga Pasir Geulis Kampung Cipicung RT 02/16, Desa Margalaksana. Prediksi itu tepat karena tubuh korban terhalang oleh tanaman eceng gondok yang menjadi salah satu kendala dalam pencarian.

"Banyaknya eceng gondok dan kedalaman waduk yang mencapai 20 meter jadi tantangan bagi petugas gabungan sebelum akhirnya bisa menemukan korban," tuturnya.

Korban yang tercatat sebagai warga Kampung Ciroyom Hilir RT 25/09, Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, KBB, langsung dievakuasi petugas ke darat. Saat ditemukan pakaian dan celana korban masih utuh.

Pihak keluarga yang datang tidak bisa menahan kesedihan dan langsung membawa korban ke rumah duka.


Editor : Faieq Hidayat