Pemkot Bandung Gencar Sosialisasikan Pemangkasan Eselon III dan IV

Billy Maulana Finkran ยท Senin, 03 Februari 2020 - 14:51 WIB
Pemkot Bandung Gencar Sosialisasikan Pemangkasan Eselon III dan IV
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Senin (3/2/2020) (Foto:iNews/Billy Maulana Finkran)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai mensosilaisasikan rencana penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselon III dan IV menjadi pejabat fungsional. Sosialisasi dilakukan dengan berkeliling ke setiap organisasi perangkat daerah.

"Kita jelaskan supaya tidak simpang siur," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Senin (3/2/2020).

Ema mengatakan setiap pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga diberi kewenganan mana saja jabatan yang tidak bisa dihapus. Namun, setiap pimpinan harus menyertakan alasan yang masuk akal.

"Kita beri ruang, mana yang dipertahankan. Alasannya apa," ucapnya.

Ema memastikan di tubuh Pemkot Bandung tidak akan terjadi gejolak seperti yang dikhawatrikan. Pasalnya dia meyakini perangkat daerah memiliki pemahaman dan juga visi yang sama dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Semua komunikasi," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan masih melakukan pemetaan jabatan yang akan dipangkas.

Dia telah menginstruksikan pemetaan jabatan eselon III-IV yang bisa disederhanakan lewat tiga SE MenPANRB, yaitu SE 384, 390, dan 391. SE itu ditujukan kepada menteri, gubernur, wali kota, dan bupati.

"Jangka pendek mencakup mengeluarkan Surat Edaran Menteri PANRB, identifikasi dan kajian instansi pemerintah, pemetaan jabatan, serta penyusunan kebijakan," kata Tjahjo di Jakarta, Kamis (27/12/2019).


Editor : Muhammad Fida Ul Haq