Pemkot Bandung Berencana Bangun Tol Dalam Kota pada 2019

Arif Budianto ยท Senin, 31 Desember 2018 - 16:59 WIB
Pemkot Bandung Berencana Bangun Tol Dalam Kota pada 2019
Ilustrasi kemacetan di Kota Bandung. (Foto: Okezone)

BANDUNG, iNews.id – Guna mengurai kemacetan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun tol dalam kota pada 2019 mendatang. Tol tersebut menghubungkan Pasirkoja hingga sekitaran Gasibu.

Kabar ini dibenarkan, Wali Kota Bandung Oded M Danial. Menurut Oded, rencana itu sudah disampaikan kepada kementerian terkait untuk direalisasikan. "Sudah sampai pada tahap pembahasan. Sudah disampaikan ke kementerian juga. Saya juga sudah ketemu dengan investor," kata Oded di Bandung, Senin (31/12/2018).

Menurut dia, tol tersebut bakal menghubungkan exit Tol Pasirkoja. Dari sana, tol akan masuk ke Jalan Laswi, kemudian ke Jalan Sukabumi, dan masuk ke Jalan Supratman hingga Pusdai di Jalan Diponegoro.

"Harapan para investor dan menteri, tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya. Rencananya (ground breaking) oleh Pak Presiden Jokowi. Sekarang sedang kami kaji terus," ucap Oded.

Oded berharap, langkah tersebut dapat mengurai kemacetan di Kota Bandung. Sebagaimana diketahui, pada jam berangkat dan pulang kerja, kemacetan para kerap terjadi di sejumlah ruas jalan utama Kota Bandung. Kemacetan juga sering mengular akibat hujan lebat, banjir cileuncang (luapan), mobil mogok, dan lainnya.

Pada akhir pekan, Bandung juga seringkali dilanda macet. Wisatawan yang berkunjung ke Bandung sering mengeluh kondisi macet saat ini. Kemacetan juga menyebabkan warga Bandung enggan bepergian di akhir pekan.


Editor : Himas Puspito Putra