Pemkab Garut Cairkan Dana Rp66 M untuk 421 Desa

Muhammad Fida Ul Haq ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 23:17 WIB
Pemkab Garut Cairkan Dana Rp66 M untuk 421 Desa
Bupati Garut Rudy Gunawan (dok. Humas Pemkab Garut)

GARUT, iNews.id - Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan Pemkab Garut sedang mencairkan Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020. Besar dana desa yaitu Rp66 miliar untuk 421 desa.

”Alokasi dana desa atau ADD akan ditransfer ke rekening desa paling lambat hari Rabu (26/02/2020),” kata Rudy.

Rudy mengatakan setiap desa akan menerima uang sekitar Rp150 juta. Nantinya, semua dana tersebut langsung masuk ke rekening desa.

”Kisaran Rp 150 jutaan lebih/desanya, uang itu bersumber dari APBD kabupaten Garut 2020, sedangkan untuk Dana Desa (DD) saat ini akan langsung di transfer langsung ke rekening desa, jadi tidak melalui kas daerah lagi,” kata Rudy.

Rudy berharap dengan dana tersebut, masing-masing desa dapat menyelesaikan kewajibannya terkait pembangunan. Dia berharap uang tersebut digunakan semata-mata untuk memakmurkan warga.

"Mudah-mudahan Dana Desa dari pemerintah pusat juga cepat cair, supaya pembangunan di desa cepat dilaksanakan dan ada perputaran uang di desa,” ujarnya.

Seperti diketahui, anggaran dana desa dalam APBN terus meningkat setiap tahun. Pada 2020, dana desa yang dialokasikan mencapai Rp72 triliun. Tahap pertama akan disalurkan 40 persen pada Januari-Juni 2020.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq