Pembayaran THR Lebaran, Disnakertrans KBB Belum Terima Keberatan dari Perusahaan

Adi Haryanto · Senin, 19 April 2021 - 15:01:00 WIB
Pembayaran THR Lebaran, Disnakertrans KBB Belum Terima Keberatan dari Perusahaan
Pengusaha wajib bayar THR. (Foto: Ilustrasi/Ist)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sebanyak 800 perusahaan besar dan kecil di Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum menentukan pola pembayaran tunjangan hari raya (THR) pada Lebaran 2021. Sampai saat ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) juga belum menerima laporan soal keberatan dari perusahaan.

"Sampai sekarang belum ada perusahaan yang mengajukan keberatan terkait Surat Edaran Menaker soal THR dan semoga saja tidak ada," kata Kepala Disnakertrans KBB, Panji Hermawan, Senin (19/4/2021)

Namun menurutnya, jika di kemudian hari ada perusahaan yang terkendala membayarkan THR akibat kesulitan ekonomi, maka penyelesaian yang dilakukan adalah melakukan mediasi antara perusahaan dan pekerja. Agar jangan sampai ada pihak-pihak yang dirugikan.

"Surat edarannya kan tegas bahwa THR dibayar penuh, tidak dicicil seperti yang diperbolehkan tahun lalu. Namun jika perusahaan tidak sanggup, silakan diskusikan dengan pekerja untuk cari solusi karena THR itu hak pekerja," kata dia.

Sementara itu, dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Ketenagakerjaan RI Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pemberian THR Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja/Buruh, harus dipatuhi oleh perusahaan. Disnakertrans KBB pun bakal menyebarkan Surat Edaran tersebut ke semua perusahaan supaya bisa membayarkannya tepat waktu. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: