Pelatih Persib Kritik Besaran Pemotongan Gaji di Liga 1 2020

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 29 April 2020 - 21:50 WIB
Pelatih Persib Kritik Besaran Pemotongan Gaji di Liga 1 2020
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts (foto: inews)

BANDUNG, iNews.id - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, angkat bicara soal pemotongan gaji pemain Liga 1 2020. Robert heran dengan besaran potongan gaji yang diizinkan PSSI.

Klub-klub Liga 1 2020 melakukan pemotongan gaji pemain sebagai upaya menyelamatkan keuangan akibat dampak terhentinya kompetisi disebabkan pandemi virus corona.

Rata-rata klub memotong penghasilan pemain sampai 75 persen, langkah tersebut mendapat persetujuan dari PSSI yang tertuang dalam surat keputusan SKEP/48/III/2020 pada 27 Maret lalu.

Kebijakan tersebut membuat Robert Rene Alberts heran, menurutnya pemotongan gaji sampai 75 persen terbilang sangat besar. Dia mencontohkan di Italia klub memangkas gaji pemainnya tidak sampai 50 persen.

"Kita (Indonesia) satu-satunya negara yang gajinya dipotong hingga 75%," kata Robert dalam unggahan di akun Youtube.

"Jika kalian lihat di negara-negara lain, ada perdebatan besar tentang hal tersebut (besaran potongan gaji), tapi di Indonesia potongan gaji mencapai 75%. Tentunya ini potongan yang sangat besar untuk beberapa orang," ujarnya.

Lebih lanjut, Robert berharap operator dan federasi bisa melanjutkan kompetisi dengan memperhatikan situasi penanganan virus corona terkini di Indonesia.

"Karena itu kita berharap agar liga bisa berlanjut secepat mungkin. Tetap jaga kesehatan, tetap di rumah, agar kita bisa ketemu lagi secepatnya di lapangan," ucapnya.


Editor : Arif Budiwinarto