Pelajar di Bekasi Dilarang Rayakan Hari Valentine, Disdik: Bukan Kearifan Lokal

Sindonews.com ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 10:59 WIB
Pelajar di Bekasi Dilarang Rayakan Hari Valentine, Disdik: Bukan Kearifan Lokal
Ilustrasi (dok.iNews)

BEKASI, iNews.id - Pelajar Kota Bekasi dilarang merayakan hari kasih sayang atau valentine day pada 14 Februari 2020. Valentine day dinilai bukan kearifan lokal di Indonesia.

Larangan tersebut disampaikan Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) membuat surat edaran bernomor 800/816/.Disdik.Set. tentang imbauan agar para pelajar tidak merayakan valentine day.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatulah mengatakan terbitnya surat imbauan itu agar para peserta didik baik tingkat SD, SMP dan SMA sederajat tidak ikut dalam merayakan valentin day. Menurut dia, surat itu adalah terusan dari surat Disdik Provinsi Jawa Barat bernomor 430/2062/Disdik.Set.

"Saya sangat sependapat apa yang disampaikan oleh Disdik Jabar terkait larangan valentine day untuk anak-anak sekolah. Jadi tidak ada perayaan seperti itu," katanya, Rabu (13/2/2020).

Menurut dia, pemerintah sudah mengintruksikan kepada setiap kepala sekolah di Kota Bekasi. Ini sebagai komitmen bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam membangun karakter peserta didik yang berakhlak mulia.

"Karena memang budaya tersebut juga bukan kearifan lokal Indonesia," katanya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq