Peduli Dampak Corona, Pemkot Bandung Bantu Calon Siswa Daftar Sekolah Negeri Pakai SPO

Agus Warsudi, Sindonews ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 15:31 WIB
Peduli Dampak Corona, Pemkot Bandung Bantu Calon Siswa Daftar Sekolah Negeri Pakai SPO
Ilustrasi sekolah. (Foto Antara).

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat memberikan keleluasaan bagi calon siswa yang terdampak pandemi Covid-19 mendaftar melalui jalur afirmasi menggunakan surat pernyataan orang tua (SPO). Mereka tidak perlu menyertakan beberapa dokumen keluarga pra sejahtera.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Cucu Saputra mengatakan kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 14 tahun 2020.

"Bagi warga yang terdampak pandemi namun tidak masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), bisa bikin SPO yang ditandatangani oleh RT dan RW dengan materai," kata Cucu di Bandung, Kamis (18/6/2020).

Surat tersebut, kata dia, cukup bagi calon siswa untuk mendaftar ke sekolah negeri melalui jalur afirmasi atau siswa tidak mampu. Kuota untuk jalur ini, kata dia, antara 20 hingga 30 persen.

Di Kota Bandung, kata dia, ada sekitar 7.027 siswa yang masuk kategori rawan melanjutkan pendidikan, salah satunya karena ketidakmampuan ekonomi. Namun, seiring pandemi Covid-19, jumlah siswa tidak mampu diperkirakan bakal naik.

"Diperkirakan warga kurang mampu non DTKP akan bertambah. Mereka terimbas pandemi Covid-19, seperti orang tuanya kena PHK dan lainnya. Tapi berapa jumlahnya, belum bisa dipastikan," katanya.

Kendati begitu, akibat terbatasnya kuota jalur afirmasi, masyarakat diminta tidak perlu khawatir jika tidak diterima di sekolah negeri. Mereka bisa mendaftar ke sekolah swasta melalui jalur siswa tidak mampu. Pemkot Bandung sudah bekerja sama dnegan beberapa sekolah swasta untuk menampung siswa tak mampu.

"Silahkan daftar ke sekolah swasta, nanti biayanya ditanggung APBD. Jadi jangan takut mahal sekolah di swasta, karena kami sudah jamin dan kerja sama dengan mereka," ujar dia.


Editor : Faieq Hidayat