PDAM Bandung Akan Layani 70 Ribu Sambungan Baru Lewat SPAM Gedebage

Yogi Pasha ยท Rabu, 21 November 2018 - 19:02 WIB
PDAM Bandung Akan Layani 70 Ribu Sambungan Baru Lewat SPAM Gedebage
Wali Kota Bandung Oded M Danial didampingi Dirut PDAM Tirtawening Sonny Salimi, melihat peta rencana instalasi 70 ribu pelanggan baru, Rabu (21/11/2018). (Foto: iNews.id/Yogi Pasha).

BANDUNG, iNews.id - Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, proyek pembangunan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Gedebage yang dikelola PDAM Tirtawening, diprediksi mampu melayani sedikitnya 70.000 sambungan rumah (SR) baru.

Dia mengatakan, pembangunan SPAM Gedebage akan melayani masyarakat Kota Bandung yang berada di wilayah timur. Proyek pembangunan instalasi ini sudah dimulai sejak 2016. Kemudian, pada 2018 ada tambahan dana pembangunan sekitar Rp150 miliar.

"Jika ini beres, bakal ada 70 ribu pelanggan baru yang bisa dilayani PDAM. Semoga pelayanannya lebih baik," kata Oded usai menghadiri Sosialisasi Penjaringan Air Minum SPAM blok Gedebage Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (21/11/2018).

Oded menyebutkan, saat ini proyek pengerjaan SPAM Gedebage belum selesai dan masih terus dikebut. Dalam pembangunannya, PDAM mendapatkan dana hibah sebesar Rp100 miliar dari Kementerian PUPR dan kembali mengajukan anggaran pendamping sebesar Rp100 miliar ke Pemerintah Kota Bandung.

"Sekarang sedang dibahas di dewan (DPRD Kota Bandung). Mudah-mudahan saja, insya Allah tercapai," ujar Oded.

Dia berharap ke depan seluruh warga Kota Bandung bisa menikmati layanan air bersih dari PDAM. Sebab saat ini masih banyak warga yang belum terlayani lantaran keterbatasan anggaran.

Sementara itu Dirut PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, mengatakan air baku SPAM Gedebage berasal dari Cikalong dengan kapasitas 700 liter per detik.

"Itu setara dengan 70.000 SR, dengan asumsi satu SR sebanyak lima jiwa, maka dapat melayani sebanyak 350.000 jiwa di wilayah Bandung timur," tutur Sony.

Saat ini, menurut Sonny, sudah terpasang jaringan utama sepanjang sembilan kilometer yang akan dilanjutkan dengan pembangunan Distrik Meter Area (DMA) untuk wilayah timur. Ada 12 kelurahan mulai dari Pasar Kordon sampai Gedebage yang akan mendapat saluran air PDAM.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal