Pascavaksinasi, Tingkat Kunjungan Wisata ke Pangandaran Meningkat

syarif wibowo · Rabu, 24 Maret 2021 - 15:02:00 WIB
Pascavaksinasi, Tingkat Kunjungan Wisata ke Pangandaran Meningkat
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran melakukan vaksinasi Covid-19 kepada pelaku industri wisata di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran, kunjungan wisatawan meningkat sebesar 30 persen-40 persen.

PANGANDARAN, iNews.id- Dua pekan setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran melakukan vaksinasi Covid-19 kepada pelaku industri wisata di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran, kunjungan wisatawan meningkat sebesar 30 persen-40 persen. 

Pelaku industri wisata termasuk karyawan hotel dana kafe menjadi prioritas Pemkab Pangandaran untuk vaksinasi guna mendongkrak rasa aman wisatawan untuk berlibur dan menginap di kawasan Pantai Pangandaran.  

Aan Andriani, wisatawan asal Kota Bandung, merasa tidak takut berkunjung ke kawasan Pantai Pangandaran setelah dilakukan vaksinasi terhadap pelaku wisata, dan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Karena kami tahu di Pangandaran itu pengelola hotel dan pedagang di sini sudah divaksin semua, dan itu saya dapat informasi langsung dari pengelola Pantai Pangandaran," katanya.

Hal senada dikatakan oleh Wendra, warga Bandung, yang mengaku sering datang ke Kawasan Pantai Pangandaran. Menurut Wendra, sejauh ini berlibur ke Pantai Pangandaran masih aman, apalagi sekarang pelaku usaha sudah divaksin. "Saya sering ke sini, Desember kemarin juga ke sini, tapi nggak ada masalah, Pangandaran aman-aman aja. Yang penting protokol kesehatan aja ya. Biar lebih aman," ucapnya. 

Peningkatan jumlah wisatawan yang datang di kawasan Pantai Pangandaran pascavaksinasi terlihat dari tingginya tingkat okupansi sejumlah hotel. Meski demikian, para pelaku usaha tetap mengimbau wisatawan untuk tetap taat protokol kesehatan. 
 
Aby Kuswanto, General Manager sebuah hotel di Kawasan Pantai Pangandaran, menuturkan, peningkatan tamu yang menginap mencapai 30 persen-40 persen pascavaksinasi. Pascavaksinasi, para karyawan hotel lebih percaya diri melayani para wisatawan. "Pascavaksinasi mengalami lonjakan jumlah tamu, terutama sepekan ke belakang, sekitar 30 persen-40 persen pengunjung yang datang ke hotel," katanya.

Diharapkan dengan vaksinasi kepada para pelaku wisata di kawasan Pantai Pangandaran, tingkat kunjungan wisatawan dapat terus melonjak. Setidaknya angka kunjungan dapat mendekati seperti sebelum pandemi Covid-19. (CM)

Editor : Syarif Wibowo