Dampak Gempa

Pascagempa di Selatan Pulau Jawa, Jalur Kereta Api Aman Dilalui

Yogi Pasha ยท Sabtu, 16 Desember 2017 - 15:48 WIB
Pascagempa di Selatan Pulau Jawa, Jalur Kereta Api Aman Dilalui
Ilustrasi dampak gempa berupa rumah rusak. (Foto: iNews/Solihin)

BANDUNG,  iNews.id - Pascagempa bumi yang mengguncang bagian selatan Jawa Barat dengan kekuatan 6,9 skala richter (SR), PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) II Bandung menyatakan, jalur kereta api jalur selatan aman dilalui.

Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung, Joni Martinus mengatakan, setelah gempa bumi  pertama mengguncang sejumlah gempa susulan terjadi hingga Sabtu (16/12/2017) dini hari. Kendati demikian, jalur kereta api dipastikan aman dilalui.

Dia menyebutkan, pihaknya langsung melakukan langkah antisipasi terkait bencana gempa bumi semalam. Tim regu siaga PT KAI langsung melakukan pemeriksaan jalur dan prasarana di wilayah Daop II Bandung.

Menurut Joni, pihaknya telah memeriksa apakah ada kerusakan akibat gempa tersebut. Namun setelah dilihat tidak ditemukan adanya kerusakan berarti. "Alhamdulillah semuanya dalam keadaan baik dan tetap aman untuk operasional kereta api,” kata Joni.

Joni menegaskan,  sampai saat ini kondisi semua prasarana kereta api di wilayah Daop II terutama di jalur yang dekat dengan pusat gempa dalam keadaan aman. Petugas Daop II selalu siaga untuk segera mengecek kondisi jalan rel, jembatan , terowongan, stasiun, dan persinyalan.

Namun bagaimanapun, kondisi ini tetap dipantau dan jadi perhatian pihak PT KAI Daop II. Untuk itu, petugas pemeriksa rutin dan juga petugas tambahan (flying gank) tetap disiagakan di seluruh lintasan kereta.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi jalur kereta api tetap aman untuk dilintasi. Untuk korban bencana gempa, PT KAI mengucapkan bela sungkawa sebesar-besarnya dan berharap semua tetap waspada dan siaga. Simak informasi dari lembaga resmi jangan sampai termakan hoax yang banyak dimuat di media sosial sesaat setelah gempa terjadi,” ucapnya.


Editor : Himas Puspito Putra