Pantau Arus Balik, Pj Gubernur Jabar Sebut 65% Pemudik Telah Kembali

Yogi Pasha ยท Rabu, 20 Juni 2018 - 15:27 WIB
Pantau Arus Balik, Pj Gubernur Jabar Sebut 65% Pemudik Telah Kembali
Pj Gubernur Jabar Komjen Pol M Iriawan saat memantau arus balik di Posko Polisi Cileunyi, Rabu(20/6/2018).(Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Komjen Pol M Iriawan langsung bekerja sejak dilantik pada Senin (18/6/2018). Iriawan memantau posko arus balik di Pos Polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6/2018).

Dia mengatakan, memasuki H+5 Lebaran, arus balik telah mencapai puncaknya. Berdasarkan catatan Polres Bandung, arus lalu lintas kendaraan yang balik melalui jalur selatan telah mencapai 65 persen.

"Masih ada sisa 35 persen lagi. Jadi masih ada kendaraan pemudik yang belum kembali," kata Iriawan.

Dia menyebutkan, panjangnya musim libur lebaran tahun ini jadi salah satu alasan sedikit lancarnya kepadatan arus lalu lintas. Perjalanan mudik terpecah, artinya sebagian pemudik bergerak tidak dalam waktu yang bersamaan.

Kendati begitu, dia menginstruksikan agar tetap siaga dalam mengantisipasi adanya lonjakan arus balik sesi kedua yang diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini.

Iriawan melanjutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, Polri, dan instansi terkait akan tetap berjaga dan memberikan pelayanan kepada pemudik meski pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2018 berakhir pada 24 Juni, yang bertepatan dengan masa tenang kampanye Pilgub.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Polri untuk tetap memberikan pelayanan dan  tetap berjaga," ujarnya.

Kesiagaan khususnya di jalur selatan untuk mengantisipasi adanya titik rawan kemacetan seperti di Pasar Limbangan, Kadung Ngora, Malangbong, Nagrek, dan sebagainya. "Gelombang arus balik dalam waktu satu hingga dua hari ini harus diwaspadai," tuturnya.


Editor : Donald Karouw