Ombudsman Jabar Terima 64 Laporan Masyarakat Terkait Bansos Covid-19

Sindonews ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 17:55 WIB
Ombudsman Jabar Terima 64 Laporan Masyarakat Terkait Bansos Covid-19
Gedung Ombudsman. (Foto Sindonews).

BANDUNG, iNews.id - Ombudsman Jabar menerima 64 laporan dari masyarakat secara online selama pandemi virus corona atau Covid-19. Laporan yang diterima itu terkait pembagian bantuan sosial (bansos) dari pemerintah yang tak merata.

Dari laporan tersebut, 42 ditangani Ombudsman Jabar. Sedangkan 22 laporan ditangani Ombudsman Jakarta karena lokasi di Depok, Bekasi dan Bogor.

"Jumlah laporan yang masuk mulai 4 April hingga 13 Mei 2020. Status penyelesaian, 23,8% telah terselesaikan dan sisanya masih dalam tahap pemeriksaan," kata Ketua Ombudsman Jabar Haneda Sri Lastoto, Kamis (14/5/2020).

Dalam penerimaan laporan ini, Ombudsman Jabar dalam posisi menyampaikan laporan dari masyarakat ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

Dia menjelaskan laporan masalah bansos ini terkait pendataan di lapangan. Dari laporan yang diterima, Ombudsman memberi saran kepada pemerintah agar kekacauan data segera diselesaikan.

"Penyelesaian masalah kekacauan data ini agar satu pintu sehingga tidak menimbulkan kekisruhan berlarut antara kebijakan yang diterapkan dengan fakta di lapangan," ujarnya.

Seperti diketahui, sebanyak 1.466.375 keluarga rumah tangga sasaran (KRTS) terdampak Covid-19 yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), menjadi penerima bantuan sosial (bansos) dari Pemprov Jabar.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jabar Dodo Suhendar menyatakan, jumlah total KRTS non-DTKS penerima bansos Pemprov Jabar tersebut diperoleh setelah pihaknya merampungkan pendataan, termasuk validasi dan pencocokan.

Data KRTS non-DTKS tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor: 406/Kep.251-Dinsos/2020 tentang Daftar KRTS non DTKS Penerima Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.


Editor : Faieq Hidayat