Nestapa Pensiunan Guru di Lembang, Rumahnya Dijual Cucu Tiri Rp2,8 Miliar

Adi Haryanto · Jumat, 14 Januari 2022 - 22:07:00 WIB
Nestapa Pensiunan Guru di Lembang, Rumahnya Dijual Cucu Tiri Rp2,8 Miliar
Ellen Plassaer Sjair (tengah) pensiunan guru SMP BPPK yang terancam terusir dari rumahnya di Jayagiri, Lembang, KBB. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

Ellen menuturkan, IW telah berencana menjual tanah dan rumah setelah suaminya meninggal pada 2012. Selang dua tahun kemudian atau sekitar 2014, rumah tersebut terjual. Namun, pengosongan rumah ditangguhkan terlebih dahulu karena ada perkara hukum.

Dirinya lalu melaporkan perbuatan cucu tirinya itu ke polisi. Akhirnya, IW divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung pada 2017. IW terbukti bersalah melakukan tindak pidana akta otentik.

Perkara yang dihadapinya saat itu ada dua, yaitu pidana dan perdata. Untuk pidananya Ellen menang, tapi kasus perdatanya kalah terus dari mulai pengadilan negeri hingga peninjauan kembali (PK). Untuk memperjuangkan keadilan itu, Ellen pun sudah menghabiskan uang yang tidak sedikit.

"Saya juga sudah beberapa kali harus keluar dari rumah ini. Tapi ada penangguhan untuk pengusiran dan sekarang sedang berusaha lagi mengajukan banding," tutur Ellen yang sejak 1991 tinggal di rumah tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: