Nakes Positif Covid-19, 1 Rumah Sakit dan 2 Puskesmas di Kota Tasikmalaya Ditutup

Asep Juhariyono ยท Sabtu, 12 September 2020 - 11:04 WIB
Nakes Positif Covid-19, 1 Rumah Sakit dan 2 Puskesmas di Kota Tasikmalaya Ditutup
Puskesmas Cihideung, Kota Tasikmalaya ditutup sementara (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebanyak tiga fasilitas kesehatan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) ditutup dan dihentikan operasinalnya. Hal ini lantaran terdapat tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hingga saat ini tim gugus tugas masih terus melakukan tracing serta tes swab pada karyawan dan semua tenaga kesehatan di tiga lokasi tersebut. Ketiga fasilitas kesehatan yang ditutup yakni Puskesmas Cihideung, klinik di Kecamatan Cibeureum dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aisyah.

Sementara pasien yang berada di tiga fasilitas kesehatan itu telah dipindahkan ke tempat lainnya. Selama penutupan, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 akan melakukan sterilisasi ruangan dan pelacakan (tracing) kepada orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan ketiga pasien.

Berdasarkan data, saat ini terdapat empat orang tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan mereka masih menjalani perawatan. Tiga tenaga kesehatan yang positif Covid-19 itu salah satunya bertugas di luar daerah tetapi tinggal di Kota Tasikmalaya.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, pihaknya tidak main-main dalam mencegah Covid-19. Semua yang kontak erat akan dites swab. Jika semuanya sudah diketahui hasilnya negatif, baru akan ditentukan kapan akan dibuka kembali.

"Kalau sudah ditemukan yang positif, kami tutup dulu tempatnya. Semuanya diswab. Nanti itu ada hitungannya, kapan akan dibuka kembali. Kami tidak mau ambul risiko," ucap Budi.

Berdasarkan data hingga Sabtu (12/9/2020) ini, secara akumulasi terdapat 59 kasus terkonfirmasi positif di kota tasikmalaya. Sebanyak 45 orang sembuh, 11 orang masih menjalani perawatan dan tiga orang meninggal dunia.


Editor : Nani Suherni