Momen Haru Susi Pudjiastuti Disambut Ribuan Warga saat Pulang ke Pangandaran

Irfan Ramdiansyah ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 19:08 WIB
Momen Haru Susi Pudjiastuti Disambut Ribuan Warga saat Pulang ke Pangandaran
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diarak dengan mobil bak terbuka saat pulang ke Kabupaten Pangandaran, Jabar, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Irfan Ramdiansyah)

PANGANDARAN, iNews.id – Ribuan warga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar), menyambut kepulangan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sabtu (26/10/2019). Mereka rela menunggu sejak pagi buta di landasan pacu Pamugaran, milik putri terbaik dan kebanggaan Pangandaran itu.

Dari pantauan iNews, warga Kabupaten Pangandaran tampak antusias menantikan Susi. Mereka membentangkan berbagai spanduk maupun poster bertuliskan ucapan terima kasih kepada Susi atas kerja kerasnya selama menjadi menteri. Para pelajar SD, SMP, hingga SMA, pun tampak dalam kerumunan, tidak mau ketinggalan untuk menyambut Susi.

Saat pesawat Susi mendarat sekitar pukul 08.15 WIB, teriakan warga pun pecah. Mereka bersorak-sorai dan beramai-ramai memanggil, “Ibu, ibu, ibu.”

Ribuan warga yang menunggu sejak pagi tidak sabar ingin segera bertemu dengan Susi. Mereka pun langsung menyerbu Susi saat turun dari pesawat Susi Air dan berebut ingin berjabat tangan dengannya.

Tak hanya itu, ribuan warga berkali-kali meneriakkan, “terima kasih bu, terima kasih bu, terima kasih.”

Petugas dari Kepolisian serta Satpol PP sempat kewalahan menghadang warga. Susi yang turun dari pesawat pun tampak kaget melihat ribuan warga sudah menanti kedatangannya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melambaikan tangan kepada ribuan warga yang menyambut kepulangannya di Kabupaten Pangandaran, Jabar, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Irfan Ramdiansyah)

Perasaan haru terlihat jelas di wajah Susi meskipun dia mengenakan kacamata hitam. Susi tampak berpelukan dengan sejumlah orang sambil berkali-kali menyeka air mata. Susi hanya bisa tersenyum sambil melambaikan tangan kepada warga dan mengucapkan terima kasih.

Saat ditanya bagaimana perasaannya melihat sambutan warga Pangandaran atas kepulangannya, Susi mengaku sangat senang. Dia merasa disambut gembira pulang kembali ke rumah.

“Senang, terima kasih banyak. Luar biasa saya senang. Berarti saya kembali, wellcome,” ujarnya.

Warga berebut menyambut dan ingin berjabat tangan dengan Susi Pudjiastuti yang baru tiba di Pangandaran, Jabar, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Irfan Ramdiansyah)

Susi mengaku lega telah menyelesaikan pekerjaan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dengan baik. Meski tidak menjabat lagi, dia tetap mengharapkan yang terbaik untuk laut Indonesia.

“Alhamdulillah, kerjaan saya purna, harapan saya ke depan lebih baik untuk Indonesia. Saya juga pastinya harus peduli laut karena saya orang laut,” katanya.

Susi Pudjiastuti mengaku belum punya rencana ke depan setelah tidak lagi menjabat menteri. Dia ingin beristirahat dan berlibur dulu. “Saya mau libur dulu,” ujarnya.

Ribuan warga menyambut kepulangan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kabupaten Pangandaran, Jabar, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Irfan Ramdiansyah)

Sementara warga Pangandaran mengaku sedikit kecewa karena Susi tidak lagi menjabat menteri. Selama ini, Susi menjadi kebanggaan bagi Pangandaran. Apalagi, dia dikenal dengan gebrakan-gebrakan di Kementerian Kelautan dan Perikanan, salah satunya menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan.

Meski begitu, mereka berharap Susi tetap menunjukkan kepedulian terhadap laut Indonesia. Seperti yang disampaikan salah satu pelajar SMP, Agis Silviani. “Kecewa adalah, karena sudah enggak lagi yang mewakili Pangandaran. Kami berharap Bu Susi masih tetap peduli sama Pangandaran, masih menjaga laut Pangandaran dan Indonesia,” kata Agis.

Susi kemudian diarak dengan mobil bak terbuka menuju kediamannya. Di sepanjang jalan, ribuan warga kembali mengelu-elukan nama Susi dan meneriakkan ucapan terima kasih atas kerja kerasnya selama menjadi menteri.


Editor : Maria Christina