Mobil Wisatawan asal Jakarta Terperosok ke Jurang dan Tabrak Rumpun Bambu

Adi Haryanto ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 20:50:00 WIB
Mobil Wisatawan asal Jakarta Terperosok ke Jurang dan Tabrak Rumpun Bambu
Minibus Grand Livina terjun ke jurang di tepi Jalan Maribaya, Lembang, KBB. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG, iNews.id - Tiga wisatawan asal Jakarta, yang mengendarai minibus Nissan Grand Livina nomor polisi (nopol) B 1948 TIZ, mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Maribaya, Desa Wagunharja, Kecematan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (28/10/2020) sore.

Beruntung kecelakaan tersebut tak menimbulkan korban, baik luka maupun jiwa. Namun, mobil Grand Livina yang mereka tumpangi, terperosok ke jurang dan menabrak rumpun bambu di lokasi kejadian.

Kanit Lantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman mengatakan, terdapat tiga orang di dalam minibus Grand Livina nahas tersebut. Ketiga korban mengalami luka lecet dan telah mendapat perawatan medis di Klinik Azkia, tak jauh dari lokasi kejadian. "Mobil Avanza masuk ke rumpun bambu. Terperosok (ke jurang)," kata AKP Asep Ratman melalui sambungan telepon.

Asep mengaku belum mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut. Polisi masih melakukan penyelidikan. "Dugaannya (penyebab) belum diketahui. Masih didalami. Perkembangan lanjut olah TKP," ujar dia.

Namun dugaan sementara, asal Jakarta itu diduga tidak mengetahui kondisi jalan sehingga minibus Grand Livina yang mereka tumpangi terjun ke jurang sekitar 10 meter dari tepi Jalan Maribaya. Kondisi mobil tersebut rusak cukup parah dengan posisi kap depan terangkat karena menabrak rumpun bambu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kendaraan tersebut awalnya melaju dari arah Desa Wangunharja. Saat memasuki tanjakan Maribaya yang cukup curam, tiba-tiba kendaraan tersebut kehilangan kendali sehingga terperosok ke jurang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan hanya ada yang luka ringan.

"Gak tau rem blong atau hilang kendali karena gak tahu medan jalan di sini. Jadinya nyungseb ke jurang, tapi masih ke tahan bambu, kalau gak bisa sampai bawah jurang," kata warga sekitar Agus Irawan (36).

Menurut dia, penumpang di dalam kendaraan tersebut ada enam orang yang terdiri dari dua laki-laki dan empat perempuan. Mereka hanya mengalami luka ringan dan sopir yang lukanya lumayan banyak. Semuanya sudah dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan.

Korban merupakan wisatawan asal Jakarta yang sedang mengisi liburan ke wilayah Maribaya, Lembang. Lantaran tak mengetahui kondisi jalan di lokasi itu menanjak dan curam, akhirnya terperosok ke jurang.

"Kejadian seperti ini pernah juga tiga tahun lalu, waktu itu mobil tidak kuat menanjak lalu mundur lalu ke jurang. Di sini memang rawan jadi harus hati-hati," ujar dia.


Editor : Agus Warsudi