Menunggu Pelantikan Presiden, Gubernur Jabar Minta Ini ke Jokowi - Ma'ruf Amin

Billy Maulana Finkran ยท Minggu, 20 Oktober 2019 - 11:20 WIB
Menunggu Pelantikan Presiden, Gubernur Jabar Minta Ini ke Jokowi - Ma'ruf Amin
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kami di Bandung. (Foto: iNews/Billy Maulana Fikran).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya di daerah. Dia tetap akan menolak bila ada tawaran dari partai politik atau pihak Presiden untuk bergabung dalam kabinet di pemerintah pusat.

"Alhamdulillah, belum ada yang menawarkan juga," kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil di Kota Bandung, Jabar, Minggu (20/10/2019).

Bila ada pihak yang menawarkan jabatan strategis di pemerintahan, Emil memastikan, akan menolak permintaan tersebut. Selain masalah komitmen, dia juga teringat pesan sang ibunda agar tetap bertugas untuk masyarakat di daerah terlebih dahulu.

"Pesan ibu saya supaya fokus di Jabar dulu. Selain itu, saya ingin selesai sebagaimana dulu ketika menjabat sebagai Wali Kota Bandung," ujar dia.

Namun, sebagai kepala daerah tingkat provinsi, dia ingin agar Presiden ke depan memprioritaskan daerah dengan jumlah penduduk paling besar, yakni Jabar. Ada dua harapan dia ke Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin ke depan, yakni pemekaran dan keadilan fiskal.

"Keadilan fiskal ini jangan melihat daerah yang punya wilayah banyak. Tapi harus melihat daerah dengan jumlah penduduk terbanyak," katanya.

Terkait pelantikan, Emil mengimbau masyarakat di wilayah Jabar, serta bupati dan wali kota, dapat senantiasa menjaga kondusifitas daerah. Meski pelantikan di Jakarta, namun keamanan dan ketertiban di tiap-tiap kabupaten/kota tetap harus dijaga.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal