Menteri PUPR Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Banjir

Antara ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 19:43 WIB
Menteri PUPR Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Banjir
Warga Sukajaya Bogor kesulitan akses, Jumat (3/1/2020) (Foto: iNews/ Wildan)

BANDUNG, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memimpin rapat koordinasi penanganan banjir di Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Ruang Papandayan Gedung Sate Bandung, Kamis (16/1/2020). Pada kesempatan tersebut, Basuki mendengarkan langsung kondisi terbaru daerah-daerah terlanda banjir beberapa waktu lalu.

Rapat tersebut dihadiri oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan sejumlah kepala daerah tingkat kabupaten/kota yang daerahnya terdampak musibah banjir pada awal tahun 2020.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin pada rapat tersebut menjelaskan kondisi wilayah akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di wilayahnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:

Penampakan Rumah yang Terkubur Longsor di Sukajaya Bogor

Ayah di Tasikmalaya Tega Perkosa Anak Kandung sampai Hamil

Bupati Ade menjelaskan sejumlah dampak kerusakan dan korban pengungsi. Ada fasilitas umum, masjid hingga sekolah yang ikut rusak.

"Akibat banjir dan longsor ribuan rumah rusak ringan, sedang hingga berat. Kemudian sekolah, masjid, jembatan, jalan hingga sarana ekonomi juga rusak," kata Ade.

Ade mengatakan saat ini yang menjadi prioritas pihaknya yakni merelokasi masyarakat korban bencana karena ada beberapa titik yang wilayahnya sudah tak layak untuk ditempati lagi. Ade akan segera membangun hunian sementara (huntara).

"Hingga saat ini kami berusaha mencari lokasi relokasi yang aman untuk mereka. Kemudian kita bangun huntara di sana," kata dia.

Dia mengatakan perbaikan kerusakan akibat bencana banjir dan longsor di Bogor membutuhkan biaya besar sehingga pihaknya meminta dukungan dari pemerintah pusat.

"Oleh karena itu, kami memohon dukungannya dari Pak Menteri Basuki," kata Ade.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq