Malam Tahun Baru di Jawa Barat Berpotensi Hujan Ringan hingga Sedang

Juhpita Meilana ยท Minggu, 29 Desember 2019 - 11:45 WIB
Malam Tahun Baru di Jawa Barat Berpotensi Hujan Ringan hingga Sedang
Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya. (Foto: iNews/Juhpita Meilana)

BANDUNG, iNews.id – Stasiun Geofisika Bandung milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan malam tahun baru di Jawa Barat akan diwarnai hujan ringan hingga sedang. Oleh karena itu dia mengimbau warga yang akan merayakan malam pergantian tahun untuk mempersiapkan diri.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan sejak dua minggu lalu hujan turun secara merata di semua wilayah di Jabar. Hujan lebat diperkirakan juga turun pada siang hingga sore hari pada Selasa (31/12/2019).

“Hujan sudah merata di seluruh Jabar, malam tahun baru nanti juga masih sama, bahkan hujan lebat akan turun pada siang hingga sore hari. Sementara saat malam pergantian tahun cuaca diperkirakan berawan, hujan ringan hingga sedang,” katanya di Bandung, Minggu (29/12/2019).

Dia meminta warga waspada terhada hujan lebat saat siang dan sore hari. Tony menjelaskan hujan dalam waktu singkat tapi lebat bisa terjadi pada siang hingga sore hari di sejumlah wilayah di Jabar.

“Meski sekarang belum puncak musim hujan tapi hujan bisa terakumulasi di saat-saat tertentu. Kami memperkirakan hujan sekitar satu jam namun lebat bisa terjadi pada siang atau sore hari di Jabar,” katanya.

Oleh sebab itu Tony mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor. Terutama usai hujan lebat yang bisa terjadi pada siang atau sore hari.

“Bisa juga menyebabkan banjir. Walaupun sebentar tapi bisa mengganggu lalu lintas,” ucapnya.


Editor : Rizal Bomantama