Longsor Timpa Rumah di Sukabumi, Remaja Tewas Tertimbun

Indra Firdaus ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 07:59 WIB
Longsor Timpa Rumah di Sukabumi, Remaja Tewas Tertimbun
Rumah yang ambruk tertimpa longsoran tebing setinggi 3 meter di Sukabumi, Jabar. (Foto: iNews/Indra Firdaus)

SUKABUMI SELATAN, iNews.id – Sebuah rumah di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) ambruk tergerus longsoran tebing tanah setinggi tiga meter, Jumat (6/12/2019) malam. Seorang remaja tewas tertimpa reruntuhan rumah.

Aldan Maulana (15) tewas usai tertimpa bangunan ruang tengah di Kampung Cidadap, Desa Muaradua, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Korban tertimbun hampir dua jam lamanya.

Kejadian bermula saat korban yang pulang dari mengaji, memutuskan bermain ke rumah temannya yang berjarak 300 meter. Karena malam itu hujan tak kunjung reda, Aldan berniat tidur di rumah tersebut.

Nahas, ruang tengah yang digunakan untuk tidur ambruk terkena tanah longsor. Korban sempat terlihat dan hendak ditolong warga namun longsor susulan terjadi.

BACA JUGA: Kronologi Longsor Timbun Ayah-Anak di Rohul, Korban sedang Bangun Pondok

“Saat itu korban mau saya Tarik, tapi ada longsor susulan lagi. Pas longsor pertama itu, korban masih selamat tapi yang kedua, kami ga bisa tolong lagi,” kata Asep Sobur, kerabat korban.

Akibatnya longsor susulan ini warga mundur karena takut tertimpa reruntuhan rumah. Dua jam kemudian, korban berhasil ditolong dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Sayangnya korban meninggal dalam perjalanan. Jenazah akhirnya langsung dimandikan dan rencananya akan dikuburkan Sabtu (7/12/2019) pagi di tempat pemakaman umum desa.

Hujan deras selama enam jam ini menimbulkan banyak longsor di Kabupaten Sukabumi. Dari data Kabupaten Sukabumi, sedikitnya terdapat belasan rumah mengalami kerusakan akibat hujan Jumat malam.


Editor : Umaya Khusniah