Longsor di Bandung Barat Rusak 10 Rumah Warga

Antara ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 08:39 WIB
Longsor di Bandung Barat Rusak 10 Rumah Warga
Longsor di Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (11/2/2020) malam merusak 10 rumah warga. (foto: Antara)

BANDUNG BARAT, iNews.idLongsor yang terjadi di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (12/2/2020) malam mengakibatkan 10 rumah warga rusak. Sebanyak 80 orang mengungsi karena khawatir terjadi longsor susulan.

"Dari kejadian tersebut, ada sebanyak 80 jiwa yang mengungsi ke tempat lebih aman," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo, Rabu (12/2/2020).

Duddy mengatakan, 10 rumah yang rusak tersebut terdiri dari 1 rumah tertimbun, 3 rumah rusak berat, dan 6 rumah terancam terkena longsoran susulan.

Menurut Duddy, longsor tersebut diduga karena saluran air (gorong-gorong) yang tidak berfungsi. Pengecekan yang dilakukan tim BPBD menemukan air terserap ke tanah dan mengakibatkan longsor.

Selain merusak rumah warga, longsor juga merusak lahan persawahan warga. "Ada lahan pertanian sawah yang rusak terkena longsoran sekitar 3 hektare," katanya.

Terkait peristiwa tersebut, dia memastikan tidak ada warga yang menjadi korban jiwa maupun korban luka-luka.

Informasi yang dikumpulkan iNews.id, longsor tersebut terjadi sangat dekat dengan Tol Cipularang tepatnya di KM 118.

Humas Tol Purbaleunyi, Nandang Elan mengatakan longsor tersebut terjadi hanya berjarak sekitar 5 meter dari bahu jalan. Namun longsor tidak menganggu arus lalu lintas.

"Lajur aktif tetap hanya antisipasi bahu tutup rubber cone antisipasi longsor susulan," kata Nandang.


Editor : Reza Yunanto