Kota Sukabumi Zona Hijau, Ridwan Kamil Izinkan Kegiatan Belajar di Sekolah

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 17:50 WIB
Kota Sukabumi Zona Hijau, Ridwan Kamil Izinkan Kegiatan Belajar di Sekolah
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Foto: iNews/Juhpitameilana)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan Kota Sukabumi masuk kategori zona hijau dari penyebaran virus corona (Covid-19). Pria disapa Kang Emil itu pun mengizinkan sekolah di Sukabumi dibuka kembali.

"Alhamdulillah ada satu wilayah yang sekarang masuk zona hijau yaitu Kota Sukabumi," kata Kang Emil di Bandung, Senin (29/6/2020).

Kota Sukabumi menjadi wilayah pertama di Provinsi Jabar yang masuk ke zona hijau. Atas capaian tersebut Kang Emil mengucapkan selamat kepada Gugus Tugas COVID-19 Kota Sukabumi.

"Saya ucapkan selamat kepada gugus tugas, wali kota dan masyarakat Kota Sukabumi yang berhasil meningkatkan semua indeks-indeks yang ada sembilan. Sehingga menjadi wilayah pertama yang menjadi zona hijau versi penilaian gugus tugas kami," kata dia.

Dengan capaian tersebut, Kang Emil memberikan izin kepada Pemkot Sukabumi untuk mempersiapkan protokol pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Karena sesuai aturan kalau sudah zona hijau, sudah boleh melakukan sekolah fisik dengan protokol yang sangat ketat. Maka saya perintahkan tim gugus tugas untuk mengawal proses ini, belajar dari kegagalan negara lain," kata dia.

Akan tetapi, lanjut Kang Emil, ada beberapa daerah di Jabar yang level kewaspadaanya menurun. Dia juga belum bisa merinci wilayah mana yang mengalami peningkatan kasus Covid-19.

"Kemudian ada beberapa wilayah turun dari zona biru ke kuning, belum bisa kami umumkan. Karena kami akan lakukan rapat dulu dengan bupati dan wali kota terkait, mungkin besok lusa saya umumkan ke media ya tapi enggak terlalu banyak ya. Tapi ini menjadi contoh tidak boleh main-main," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat