Khawatir Ideologi Komunis Tersebar, Ormas Muslim Tasikmalaya Tolak RUU HIP

Asep Juhariyono ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 18:52 WIB
Khawatir Ideologi Komunis Tersebar, Ormas Muslim Tasikmalaya Tolak RUU HIP
Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim Tasikmalaya (Almumtaz) menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Jumat (26/6/2020) (Foto iNews/Asep Juhariono).

TASIKMALAYA, iNews.id - Organisasi kemasyarakatan yang tergabung Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim Tasikmalaya (Almumtaz), Jawa Barat menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Mereka berorasi di depan Masjid Agung, Taman Kota Tasikmalaya.

Ribuan massa aksi menuntut pengusul RUU HIP yang tengah dibahas di DPR keluar dari Indonesia. Selain itu aparat penegak hukum juga harus menangkapnya.

Koordinator Almumtaz, Hilmi Afwan mengatakan RUU HIP sudah menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Jika RUU HIP disahkan, maka menurut dia ideologi komunis bisa menyebar di Indonesia.

"Ada tiga poin, tolak hentikan RUU HIP, tangkap inisiator RUU HIP dan ketiga waspadai berkembangnya ideologi komunis," ucap Hilmi di Tasikmlaya, Jumat (26/6/2020).

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim mendukung aksi penolakan RUU HIP di wilayahnya. Sebab Pancasila menjadi payung bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Bentuk dukungan penolakan tersebut, kata dia mengirimkan surat aspirasi yang ditandatangani ke DPR. Tujuannya agar RUU HIP tidak disahkan oleh anggota dewan.

"Kami sudah sampaikan pernyataan kami, langsung kami tanda tangani dan kirim ke pusat," kata Aslim.


Editor : Faieq Hidayat