Kerugian Kebakaran Pasar Gedebage Bandung Ditaksir Lebih dari Rp11 M

Yogi Pasha ยท Selasa, 04 September 2018 - 13:14:00 WIB
Kerugian Kebakaran Pasar Gedebage Bandung Ditaksir Lebih dari Rp11 M
Pedagang Pasar Gedebage saat mengais sisa-sisa barang jualan di lokasi kebakaran. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Dampak kerugian materiel atas musibah kebakaran di Pasar Induk Gedebage, Bandung, Jawa Barat (Jabar) ditaksir mencapai belasan miliar. Peristiwa itu menyebabkan 300 kios milik pedagang ludes terbakar. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan jauh lebih besar dibandingkan pada peristiwa serupa yang terjadi pada dua bulan sebelumnya.

Kepala Unit Pasar Induk Gedebage M Rizal Faisal mengatakan, kebakaran pada Senin (3/9) kali ini merupakan musibah terbesar dalam beberapa kasus serupa sebelumnya. Dalam peristiwa itu, sedikitnya 300 kios pedagang hangus terbakar, sedangkan kebakaran Juli lalu hanya 112 kios.

"Kebakarannya lebih besar. Kios yang hangus lebih banyak. Kerugian diprediksi lebih dari Rp11 miliar," kata Rizal di Pasar Induk Gedebage, Selasa (3/9/2018).


Dia menyebutkan, kerugian akibat kebakaran Juli silam mencapai Rp11 miliar. Angka itu sesuai dengan laporan dari 112 pedagang yang kehilangan modal dan barang dagangannya.

Melihat kondisi kebakaran saat ini, diperkirakan angka kerugiannya jauh dari angka Rp11 miliar. Apalagi, dari ratusan pedagang yang kehilangan kios, ada beberapa yang juga merupakan korban kebakaran sebelumnya.

“Pak Haji Encun contohnya. Dia dua kali rugi. Saat kebakaran Juli lalu saja sudah kehilangan Rp1,2 miliar. Kemarin berupaya bangun dengan modal Rp600 juta. Sekarang, kiosnya terbakar lagi," kata Rizal.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini masih mendata jumlah pedagang yang mengalami kerugian. Sebab, masih banyak pedagang yang kiosnya terbakar namun belum melapor kepada PT Ginanjar. "Angka pastinya kami belum hitung. Sekarang masih pendataan karena belum semua pedagang yang melaporkan kerugian," ucapnya.

Diketahui, Pasar Induk Gedebage yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jabar, kembali terbakar hebat, Senin (3/9/2018). Sebelumnya, pasar ini juga sempat dilalap si jago merah pada Minggu (15/7/2018).

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: