Kereta Telat 10 Jam Lebih, Puluhan Penumpang Menginap Di Stasiun

Asep Juhariyono ยท Jumat, 24 November 2017 - 15:02:00 WIB
Kereta Telat 10 Jam Lebih, Puluhan Penumpang Menginap Di Stasiun
Penumpang terpaksa harus rela menunggu dan tidur di Stasiun Tasikmalaya akibat keterlambatan kereta api, Jumat (24/11/2017). (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Longsor yang terjadi di delapan lokasi yang menimbun jalur kereta api di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengakibatkan semua jadwal perjalanan kereta api mengalami keterlambatan hingga 12 jam.

Para penumpang terpaksa harus rela menunggu dan tidur di Stasiun Tasikmalaya, karena takut ketinggalan kereta. Sementara jalur selatan kereta api, Kamis (24/11/2017) sekitar pukul 02.56 WIB tadi, sudah bisa dilintasi dengan kecepatan lima kilometer.

Keterlambatan parah salah satunya dialami Kereta Api Kahuripan jurusan Kiaracondong-Surabaya.  Kereta yang seharusnya tiba Kamis, pukul 21.00 malam di stasiun Tasikmalaya , hingga Jumat pagi pukul 07.00 tadi, belum juga tiba.
 
Akibatnya, puluhan calon penumpang Kereta Api Kahuripan terpaksa harus tidur di Stasiun Tasikmalaya menunggu hingga kereta tiba. Mereka memilih menunggu dan tidur di stasiun karena takut ketinggalan kereta.

Sementara itu, Kereta Api Mutiara Selatan jurusan Bandung-Surabaya, yang jadwal kedatangannya pukul 20.00 Kamis malam tadi, baru tiba di Stasiun Tasikmalaya, Jumat pagi, pada pukul 06.30 WIB.

Sedangkan sejumlah kereta lainnya seperti Kereta Lodaya, Turangga, Kutojaya Selatan, dan Serayu, terpaksa menunggu di sejumlah stasiun seperti Stasiun Cibatu, Stasiun Cicalengka, serta Stasiun Bumi Waluya, untuk menunggu giliran diberangkatkan.

Yayan Heryanto, salah seorang penumpang tujuan Solo, Jawa Tengah berujar dirinya harusnya berangkat ke Solo pada pukul 21.00 malam. Namun hingga Jumat pagi, keretanya tak kunjung tiba. “Kecewa sih, tapi mau bagaimana lagi,” ucap Yayan.

Hal senada disampaikan Rano, penumpang tujuan Surabaya yang terpaksa harus tidur di stasiun. “Kereta saya harusnya berangkat malam tadi. Tapi karena terlambat kabarnya kereta dibatalkan. Nanti diganti sama kereta Pasundan katanya,” ujar Rano.


Editor : Himas Puspito Putra