Kendaraan Padati Tol Cipali Cirebon, Pemudik Melenggang Tanpa Pemeriksaan

Toiskandar · Senin, 03 Mei 2021 - 09:13:00 WIB
Kendaraan Padati Tol Cipali Cirebon, Pemudik Melenggang Tanpa Pemeriksaan
Ribuan kendaraan antre di gerbang Tol Palimanan. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIRBEON, iNews.id - Tiga hari jelang pelarangan mudik, arus kendaraan menuju Jawa memadati ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (3/5/2021). Arus lalu lintas didominasi kendaraan mobil pribadi, bus, dan travel.

Hingga kini, gelombang arus kendaraan di ruas Tol Cipali terpantau semakin ramai. Para pemudik masih dapat melenggang bebas tanpa hambatan dan pemeriksaan berarti dari petugas di pos penyekatan Palimanan.

Akibat tingginya volume, kendaraan harus antre di loket pembayaran gerbang Tol Palimanan, Cibreon. Para pemudik mengaku melakukan perjalanan lebih awal untuk menghindari larangan mudik mulai 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Pantauan di Tol Cipali, iring-iringan kendaraan terlihat mengalir cukup deras di ruas Tol Paliaman. Gelombang arus kendaraan pemudik mulai terlihat ramai sejak dini hari. 

Pengelola tol mengantisipasi lonjakan arus kendaraan sebelum diberlakukannya larangan mudik dengan membuka tujuh loket utama dan sejumlah loket tambahan. Petugas juga mengarahkan kendaraan besar yang kerap menyebabkan antrean untuk menggunakan loket tambahan.

Sementara itu, pemudik khususnya pengguna angkutan travel sengaja melakukan perjalanan lebih awal guna menghindari pemeriksaan ketat petugas pada 6 Mei. Mereka juga kucing-kucingan dengan petugas di beberapa lokasi sebelum tiba di Palimanan, Cirebon.

"Mau pulang kampung, ke Tegal. Pulang lebih awal untuk menghindari penyekatan. Kan katanya bolehnya sebelum tanggal 6 Mei," kata seorang pengemudi travel yang membawa sejumlah penumpang.

Editor : Agus Warsudi