Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey Hanguskan 15 Hektare Lahan

Saufat Endrawan, Antara ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 19:15 WIB
Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey Hanguskan 15 Hektare Lahan
Kepulan asap akibat kebakaran lahan di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung belum berhasil dipadamkan. (Foto: iNews.id/Saufat Endrawan)

BANDUNG, iNews.id  - Kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Kawah Putih Ciwidey, Desa Suguhmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah menghanguskan sekitar 15 hektare. Kebakaran itu diduga dipicu puntung rokok.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan, luas yang terbakar kurang lebih 15 hektare dan diperkirakan akan bertambah lima hektare.

Dia mengatakan api kemungkinan akan menjalar karena area itu memiliki serasah tebal serta topografinya curam dan berbatu, menyulitkan petugas menjangkau lokasi untuk memadamkan kebakaran.

“Lokasinya curam dan berbatu, sulit dijangkau, dan bisa membahayakan,” kata Indra di Bandung, Selasa (8/10/2019).

Indra mengatakan, saat ini petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung sedang melakukan proses pendinginan di area kebakaran. “Petugas yang membantu pemadaman ada sebanyak 389," kata dia.

Menurut Kepala Seksi Pemadaman dan Investigasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung M Saepuloh, kebakaran yang terjadi di lahan gambut yang ada di kawasan objek wisata Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Supriyatno mengatakan, BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung berupaya memadamkan kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey bekerja sama instansi terkait.

Koordinasi penanggulangan kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey, menurut dia, sudah dilakukan dengan BPBD Bandung, kepolisian, TNI, Perhutani, Dinas Pemadam Kebakaran, Pengelola Wisata Kawah Putih, dan sukarelawan.

"Kami terus berkoordinasi dengan BPBD setempat dan menunggu permintaan mereka dalam menangani kebakaran Kawah Putih. Dari BPBD Jabar ada empat personel yang turun ke lokasi kejadian," kata Supriyatno.

Berdasarkan data BPBD Jawa Barat, kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10) sekira pukul 14.00 WIB dengan titik awal api diduga berada di kawasan Sunan Ibu.

Menurut Supriyatno, api yang membakar area di kawasan Kawah Putih belum bisa dipadamkan dan angin membuat kebakaran meluas. Petugas membuat parit dan melakukan penyiraman agar api tidak merembet ke area lain.

"Sulit untuk memadamkan api di daerah pegunungan. Angin yang besar dan sulit diprediksi arahnya membuat area kebakaran semakin luas. Maka itu, pemadaman paling efektif menggunakan helikopter yang membawa air dalam jumlah besar," katanya.

Namun Supriyatno memastikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, kawasan wisata Kawah Putih ditutup sementara untuk memudahkan petugas gabungan memadamkan api yang membakar lahan di kawasan wisata itu.


Editor : Kastolani Marzuki