Kasus Covid-19 Tinggi, Kapolda Jabar Instruksikan Jajaran Perketat Izin Konser Musik

Agus Warsudi, Antara ยท Sabtu, 05 November 2022 - 13:50:00 WIB
Kasus Covid-19 Tinggi, Kapolda Jabar Instruksikan Jajaran Perketat Izin Konser Musik
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Kepolda Jabar Irjen Pol Suntana menginstruksikan jajaran memperketat izin keramaian dan konser musik seiring dengan kasus penularan Covid-19 kembali tinggi. Selain peningkatan Covid-19, antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) juga jadi pertimbangan polisi memperketat izin konser.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menginstruksikan jajaran di daerah se-Jawa Barat melakukan pertimbangan ketat sebelum mengeluarkan izin keramaian dan konser musik yang mengundang penonton dalam jumlah banyak. 

"Instruksi kapolda itu bersifat tidak mengikat, tetapi jadi pertimbangan utama. Artinya, setiap daerah di Jabar tetap dapat memberikan izin keramaian untuk konser atau lainnya. Setiap wilayah menyesuaikan," kata Kabid Humas Polda Jabar

Diketahui, di Kota Bandung, dalam satu bulan ini, beberapa even yang mengundang banyak penonton telah dan bakal digelar. Seperti Kickfest di Lapangan Pussenif, Jalan WR Supratman, Kota Bandung. Festival fesyen dan musik ini berlangsung selama tiga hari, Jumat 4 November hingga Minggu 6 November 2022. 

Kemudian, Fosfen Festival pada 12-13 November 2022 akan berlangsung di Laswi Heritage, Jalan Sukabumi, Kota Bandung. Sepekan kemudian, Play on Fest akan berlangsung pada 19 November 2022 .

Sementara itu, Polres Garut melarang konser musik pada malam hari. Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, larangan itu sesuai perintah Kapolda Jabar, sebagai antisipasi munculnya dampak yang tidak tidak diinginkan dari kerumunan orang.

"Kegiatan yang melibatkan kerumunan orang seperti konser musik hanya diberlakukan sampai sore hari atau batas waktu pukul 18.00. Perintah itu akan berlaku sampai akhir tahun," kata Kapolres Garut.

AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengingatkan kepada panitia acara yang berencana menyelenggarakan konser musik secepatnya berkomunikasi dengan kepolisian terkait memperhitungkan aspek keamanan. "Panitia harus komunikasi jauh-jauh hari, karena keamanan sekarang menjadi hal penting," ujar AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Kapolres Garut menuturkan, kepolisian menerapkan aturan lebih ketat dalam memberikan izin dan terlebih dahulu memperhitungkan jenis kegiatannya. Polres Garut akan memperhitungkan aspek keamanan lokasi dan memperkirakan orang yang akan datang dalam suatu acara tersebut serta aspek lainnya. "Kami akan hitung nilai layak atau tidak di lokasi itu, keamanannya, khususnya aspek legalitas tempat," tutur Kapolres Garut.

Selain aspek keamanan lokasi, kata AKBP Wirdhanto Hadicaksono, panitia acara juga harus mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes), seperti pengunjung wajib memakai masker dan membatasi jumlah orang, yakni 75 persen dari kapasitas tempat karena saat ini masih pandemi Covid-19.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: