Kakorlantas Prediksi Arus Mudik Lebaran 2019 Naik 30 Persen

Toiskandar ยท Jumat, 26 April 2019 - 03:25 WIB
Kakorlantas Prediksi Arus Mudik Lebaran 2019 Naik 30 Persen
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri meninjau Terminal Bus Harjamukti Cirebon, Jabar. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Korlantas Mabes Polri mulai meninjau jalur Pantura dan kondisi terminal bus di Kota Cirebon, Jawa Barat untuk memastikan kesiapan dan keamanan di jalur mudik Lebaran 2019.

Diperkirakan arus mudik tahun ini naik sebesar 30 persen. Saat ini, beberapa perbaikan jalan di jalur utama mudik Pantura masih dalam pengerjaan dan diharapkan bisa rampung maksimal pada 10 hari jelang Lebaran.

Kepala Korlantas Mabes Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, arus mudik dan balik Lebaran 2019 akan mengalami peningkatan hingga 30 persen baik melalui jalan tol maupun nontol.

Prediksi ini berdasakan adanya animo masyarakat dalam mudik cukup tinggi dan jumlah kendaraan terus mengalami peningkatan setiap tahun.

“Prediksi kami ada peningkatan arus mudik sekitar 30 persen. Dengan kondisi ini, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam kelancaran arus mudik dan balik Lebaran mendatang,” katanya saat mengecek Terminal Bus Harjamukti Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019).

Selain mengecek jalur Pantura, Kakorlantas bersama rombongan mengecek kondisi sarana dan prasarana di Terminal Bus Cirebon mulai ruang tunggu dan loket, hingga sejumlah bus yang tengah lansir di dalam terminal.

Refdi pun melihat sejumlah petugas terminal dalam melakukan pengecekan kondisi kelaikan kendaraan bus sebelum keluar terminal untuk mengantisipasi adanya hal yang tak diinginkan. “Secara umum persiapan dan fasilitas di terminal ini sudah cukup baik,” ucapnya.

Terkait kondisi jalur Pantura, Refdi mengatakan, jalur utama transnasional itu sudah cukup baik meski masih ada beberapa hal yang masih diperhatikan, seperti adanya perbaikan di sejumlah titik di ruas Pantura. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak PU agar perbaikan tersebut maksimal bisa rampung sebelum H-10 Lebaran,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki