KAI Bandung Perpendek Relasi 4 KA Jarak Jauh, Perjalanan Argo Parahyangan Ditambah

Kastolani ยท Selasa, 01 September 2020 - 20:33:00 WIB
KAI Bandung Perpendek Relasi 4 KA Jarak Jauh, Perjalanan Argo Parahyangan Ditambah
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyesuaikan perjalanan Kereta Api (KA) di masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyesuaikan perjalanan Kereta Api (KA) di masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Untuk bulan September 2020 ini, KAI memperpendek relasi 4 KA jarak jauh dan menambah 2 perjalanan KA Argo Parahyangan.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Noxy Citrea mengatakan, KA yang diperpendek relasinya mulai 1 September ini di antaranya KA Turangga, Argo Wilis, Mutiara Selatan dan KA Malabar. Kereta-kereta tersebut relasinya tidak lagi sampai Gambir atau Pasar Senen, tapi diperpendek menjadi berangkat dan berakhir di Stasiun Bandung.

"Sebelumnya KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir pp, menjadi Surabaya Gubeng - Bandung pp. KA Mutiara Selatan juga berubah relasinya menjadi Bandung - Surabaya pp Gubeng, tidak sampai Malang," kata Noxy di Kantor Daops 2 Bandung dikutip dari situs Pemprov Jabar, Selasa (1/9/2020).

Noxy mengatakan, dengan penyesuaian perjalanan KA tersebut, penumpang masih bisa memanfaatkan perjalanan KA lain ke arah Jakarta yang masih tersedia. Penumpang bisa menggunakan KA Argo Parahyangan, Serayu Pagi dan Serayu Malam.

"Mulai 1 September 2020, PT KAI Daop 2 menambah 2 perjalanan KA Argo Parahyangan yaitu Argo Parahyangan relasi Kiaracondong-Gambir, berangkat pukul 15.25 WIB. Kemudian, KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir yang berangkat pukul 06.05 WIB," katanya.

Dia menambahkan, selain dua KA baru tersebut, terdapat pula KA 47 Argo Parahyangan yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 17.45 WIB. Kemudian, KA 35 Argo Parahyangan Excellence yang berangkat dari Stasiun Bandung pukul 04.20 WIB.

Total terdapat 4 KA Argo Parahyangan yang berangkat dari wilayah Daop 2 setiap hari. Sebelumnya sempat dilakuan pengurangan jadwal perjalanan KA 37 Argo Parahyangan keberangkatan Stasiun Bandung pukul 04.55 WIB.

KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). KAI mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19 kepada penumpang, wajib memakai masker. Suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat dan dalam kondisi sehat, yakni tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas.

"Kami juga mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang," ujarnya.


Editor : Maria Christina