Kadis Kelautan Jabar Dipastikan Meninggal karena Covid-19, 2 Keluarga Juga Positif

Agung Bakti Sarasa, Sindonews ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 19:48:00 WIB
Kadis Kelautan Jabar Dipastikan Meninggal karena Covid-19, 2 Keluarga Juga Positif
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Muhamad Solihin. (Foto: Instagram Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Jabar), memastikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Muhamad Solihin meninggal dunia karena positif Covid-19. Dua keluarga almarhum juga positif corona.

Sekretaris dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad mengatakan, sebelum dinyatakan positif corona, Muhammad Solihin mengalami gejala demam pada Jumat (26/6/2020) lalu. Dia kemudian langsung dirawat di rumah sakit sesuai prosedur penanganan pasien Covid-19.

"Saat itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar menjalani tindakan dengan SOP Covid-19," kata Daud saat dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020).

Daud mengatakan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar saat itu kemudian menjalani tes swab, tepat sehari setelah masuk ruang isolasi atau Sabtu (27/7/2020). Hasil pemeriksaan baru keluar pada Senin lalu.

"Hari Senin (29 Juni 2020), hasil tes swab keluar dan hasilnya positif Covid-19," ujar Daud.

Setelah dinyatakan positif, Muhammad Solihin langsung menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) Santo Borromeus. Petugas medis telah berusaha maksimal memberikan perawatan, namun kondisinya memburuk.

"Rumah sakit sudah melakukan upaya pengobatan, namun Allah berkehendak lain hingga akhirnya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar meninggal pada Rabu (1/7/2020) kemarin," katanya.

Daud juga menjelaskan, seluruh anggota keluarga almarhum, termasuk pembantu dan sopir sudah menjalani tes swab. Hasilnya, dua anggota keluarga almarhum positif terinfeksi virus corona.

"Seluruh anggota keluarga sudah menjalani swab test, hasilnya dua anggota keluarga positif (Covid-19). Mereka akan menjalani isolasi di Gedung BPSDM," katanya.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: