Kades di Subang Pilih Masuk Hutan Antarkan BLT ketimbang Timbulkan Kerumunan

Yudy Heryawan Juanda ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 12:00 WIB
Kades di Subang Pilih Masuk Hutan Antarkan BLT ketimbang Timbulkan Kerumunan
Kades Jalancagak, Kab. Subang, menyerahkan BLT kepada warganya yang tinggal di pelosok hutan, Jumat (22/5/2020). (Foto: iNews/Yudy)

SUBANG, iNews.id - Kepala Desa Jalangacak, Kabupaten Subang, memilih langsung mengantarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga yang menjadi penerima bantuan. Dia rela masuk hutan agar pembagian tidak menimbulkan kerumunan.

Aksi Indra Zaenal Alim tidak seperti kepala desa pada umumnya. Ia tidak ingin warga berduyun-duyun datang ke kantor desa atau kantor pos, yang dapat memicu pelanggaran aturan menjaga jarak.

Jalan tanah terjal nan curam ditempuhnya bersama aparat kewilayahan dan sejumlah relawan, agar bisa menyerahkan langsung uang BLT beserta bantuan sembako ke rumah dua warganya di dalam hutan, Jumat (22/5/2020). Lebar jalan hanya cukup untuk satu orang berjalan kaki, atau seukuran lebar sepeda motor trail.

"Pertama, kami ikuti aturan social distancing untuk menghindari kerumunan. Kedua, kami ingin memastikan bahwa dana ini tepat sasaran," kata Indra di lokasi penerima bantuan.

Dua rumah yang dikunjungi di dalam hutan itu, terbuat dari kayu seadanya, serta belum memiliki jaringan listrik. Perabotan di rumah pun tak banyak.

Nining, salah satu warga penerima bantuan tak kuat menahan tangis haru, karena didatangi rombongan Kades.

"Saya berterima kasih sekali kepada bapak-bapak. Ini sebagai bukti pemerintah memperhatikan kami," ujarnya diiringi air mata bahagia.

Indra Zainal pun merasa puas, karena BLT benar-benar disalurkan tepat sasaran.

"Kami jadi tahu sejauh mana warga Desa Jalancagak yang membutuhkan bantuan," tuturnya.

Di desa ini, ada 139 kepala keluarga (KK) yang akan menerima BLT dari dana desa selama tiga bulan berturut-turut. Masing-masing KK menerima Rp600.000 per bulan.


Editor : Rangga Permana