Kabur saat Ditangkap, 2 Perampok Nasabah Bank di Purwakarta Ditembak Polisi

Irwan ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 13:41 WIB
Kabur saat Ditangkap, 2 Perampok Nasabah Bank di Purwakarta Ditembak Polisi
Dua pelaku peramopkan nasabah bank di Purwakarta (Foto: Irwan/iNews)

PURWAKARTA, iNews.id - Tim dari Satuan Reserse Kriminal Polres Purwakarta menangkap dua dari lima pelaku perampokan nasabah bank. Komplotan perampok spesialis nasabah bank ini melakukan aksinya dengan modus gembos ban.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius menuturkan, kedua pelaku diketahui bernama Hermansyah (49) warga Cakung, Jakarta Timur dan Hendrik Hidayat (39) warga Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan. Keduanya ditangkap beberapa waktu yang lalu di dua lokasi berbeda.

"Pelaku kita tangkap di Bekasi dan Palembang. Keduanya berusaha melarikan diri, jadi kami lumpuhkan dengan tindakan tegas," ujar Matrius kepada wartawan di Mapolres Purwakarta, Jumat (13/12/2019).

BACA JUGA: Polisi Tangkap 2 Pelaku Perampok Uang Nasabah Bank di Medan

Matrius menambahkan, pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan adanya perampokan. Saat itu, korban yang identitasnya dirahasiakan ini mengambil uang di bank. Pelaku ternyata mengikuti korban yang akan mengambil uang. Ketika korban mengambil uang, pelaku menancapkan paku di kendaraan korban.

Setelah korban mengambil uang dan mengendarai kendaraannya, pelaku merasa ada yang aneh dengan kendaraannya. Akhirnya korban turun untuk mengecek ban.

"Ketika korban turun, pelaku yang mengikuti korban langsung mengambil uang yang ada di kendaraan korban," tuturnya.

Dari laporan yang diterima, kata Matrius, jumlah kerugian mencapai Rp400 juta. Lebih lanjut Matrius mengatakan, pelaku mengaku sudah tiga kali beroperasi.

"Sudah melakukan tiga kali. Tak hanya di Purwakarta tapi dari Sumatera, lintas kota lintas provinsi," kata dia.

Selain menciduk para pelaku, polisi menyita barang bukti berupa tiga buah ponsel, uang tunai Rp 4juta, sejumlah paku serta satu unit mobil yang digunakan oleh pelaku. Sementara itu, polisi masih memburu tiga pelaku lainnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto