Jual Beli Atlet Diduga Masih Terjadi, KONI Jabar Sebut Perlu Komitmen Semua Pihak 

Arif Budianto · Jumat, 02 September 2022 - 17:24:00 WIB
Jual Beli Atlet Diduga Masih Terjadi, KONI Jabar Sebut Perlu Komitmen Semua Pihak 
Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar M Budiana. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Fenomena jual beli atlet di Indonesia termasuk di Jawa Barat diduga masih terus terjadi. Tak hanya menjelang event olahraga skala lokal, fenomena ini pun terjadi pada event skala nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). 

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar M Budiana mengakui, pihaknya masih menemukan adanya praktik jual beli atlet. Praktik ini terkadang terjadi di luar jangkauan KONI. Seperti di tingkat pelatih atau orang tua atlet. Hal itu akan sulit dijangkau oleh KONI. 

"Inikan seolah menegangkan benang basah. Satu sama lain saling terhubung. Sehingga perlu komitmen semua pihak dari atlet hingga eksekutif sebagai pemberi hibah atlet," kata Budiana di Bandung, Jumat (2/9/2022). 

Menurut dia, yang perlu menjadi bahan evaluasi adalah, kenapa atlet tersebut pindah. Dia menduga karena faktor perhatian seperti soal kesejahteraan. Sehingga sangat penting agar pemerintah daerah bisa memperhatikan kesejahteraan para atlet. 

"Ini upaya yang harus dilakukan ke depan. Sistemnya harus terjadi secara positif. Atlet jangan dioper-oper. Kami ke depan akan komitmen dan perhatikan persoalan ini. Tapi juga perlu dukungan kepala daerah karena mereka yang punya dana untuk hibah atlet," ujar Budiana.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: