Jokowi Bicara Normalitas Baru hingga Merdeka Belajar di Dies Natalis Unpad

Muhamad Rizky ยท Jumat, 11 September 2020 - 14:38 WIB
Jokowi Bicara Normalitas Baru hingga Merdeka Belajar di Dies Natalis Unpad
Presiden Joko Widodo. (Foto setpres).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo menghadiri acara Dies Natalis ke-63 Universitas Padjadjaran (Unpad), Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Jokowi berbicara standar normalitas baru hingga merdeka belajar.

"Standar normalitas telah berubah, bukan hanya normalitas terkait kesehatan, namun juga normalitas terkait budaya kerja dan cara kerja. Sekarang inilah saatnya kita perkenalkan standar normalitas baru dalam kehidupan profesionalitas kita," ujarnya secara virtual, Jumat (11/9/2020).

Jokowi mengatakan dosen yang baik adalah yang mampu memfasilitasi mahasiswanya. Belajar, kata Jokowi, bisa kepada saja, kapan saja dan melalui media apa saja.

"Dosen yang baik adalah dosen yang memfasilitasi mahasiswanya. Belajar kepada siapa saja, melalui media apa saja, dan dilakukan kapan saja," ujarnya.

Sedangkan perguruan tinggi yang baik adalah institusi yang mampu membangun ekosistem merdeka belajar.

"Perguruan tinggi yang baik adalah perguruan tinggi yang membangun ekosistem merdeka belajar dan memanfaatkan materi dan media belajar yang terbuka luas," jelasnya.

Jokowi menuturkan, standar normalitas baru tersebut harus dirumuskan dalam berbagai kebijakan. Dosen harus memiliki key performance indicator (KPI) terkait hal ini.

"Kebijakan tentang program prioritas perguruan tinggi, dan kebijakan tentang alokasi anggarannya, kebijakan infrastrukturnya. Termasuk berbagai SOP baru yang harus dirumuskan," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat