Jembatan Penghubung Cirebon-Kuningan Ambruk, Warga Dua Desa Terisolasi

Toiskandar ยท Kamis, 04 Februari 2021 - 07:58:00 WIB
Jembatan Penghubung Cirebon-Kuningan Ambruk, Warga Dua Desa Terisolasi
Jembatan penghubung Kabupaten Cirebon dan Kuningan, Jawa Barat ambruk diterjang derasnya aliran Sungai Cikurai. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Aliran air Sungai Cikurai yang deras membuat sebuah jembatan penghubung dua desa di Kabupaten Cirebon dan Kuningan, Jawa Barat ambruk. Warga dua desa di perbatasan itu menjadi terisolasi karena tak bisa melintas.

Pantauan iNews.id, jembatan yang ambruk itu berada di Desa Karangwuni, Kecamatan Sendong, Cirebon. Jembatan itu saat ini terputus menjadi dua bagian. 

Jembatan sepanjang 30 meter dan lebar 6 meter tersebut selama ini menjadi jalur vital bagi lalu lintas Cirebon-Kuningan.

"Memang airnya deras, selanjutnya kita akan perbaiki namun melihat kondisi cuaca dulu," ujar Kepala Dinas PUPR Cirebon, Iwan Rizki, Kamis (4/2/2021).

Menurut Iwan, derasnya aliran air di sungai dan luapan banjir membuat bagian dinding penahan jembatan tak kuat menahan debit air. Akibatnya jembatan pun ambruk.

Dia mengatakan, pemerintah akan membuat jembatan darurat sementara agar warga di dua desa bisa melintas. Saat ini warga terpaksa memutar sejauh 15 kilometer untuk bisa melintas.

"Kami sementara buat jembatan darurat dulu," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto