Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok Sudah Bisa Digunakan Malam Ini

Sindonews.com ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 15:34 WIB
Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok Sudah Bisa Digunakan Malam Ini
Ilustrasi lalu lintas (dok. iNews)

BEKASI, iNews.id - Pembangunan jembatan Pebayuran-Rengasdengklok di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) telah rampung. Jembatan ini nantinya bisa digunakan pada Rabu (12/2/2020) malam.

"Jembatan ini setelah diresmikan sudah bisa dilintasi masyarakat," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha.

Iman mengatakan pembangunan jembatan tersebut melalui beberapa tahap dengan membangun pondasi dan jalan pendekat dari Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Pembangunan jembatan sudah dimulai sejak 2017.

"Alhamdulillah pekerjaan tepat waktu, dan sudah mulai bisa digunakan," ujarnya.

Sebelumnya, jembatan itu sempat mangkrak karena terkendala gagal lelang pada 2018. Namun, pada 2019 pembangunanya mulai dilakukan dan sudah mulai bisa dilalui masyarakat Utara Bekasi.

Jembatan ini membentang sepanjang 300 meter dengan lebar tujuh meter di atas Sungai Citarum, Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Pebayuran di Kabupaten Bekasi dengan Kecamatan Rengasdengklok di Kabupaten Karawang. Kontruksi jembatan sudah dipastikan kuat untuk dilintasi segala jenis kendaraan.

Jembatan ini dianggarkan dua tahap, yakni pada 2017 sebesar Rp17 miliar untuk tahap awal dan tahap kedua dianggarkan sebesar Rp24 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2017 dan 2019 serta anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bekasi.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq